Lebih Dekat dengan Teknologi ASA dan D-CVT Pada Daihatsu Rocky

oleh -20 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini meluncurkan SUV kompak Rocky. Kembaran Toyota Raize ini hadir dalam pilihan mesin 1.000cc Turbo dan 1.200cc.

Untuk tipe tertinggi, 1.0 R CVT ASA, Daihatsu menyematkan perangkat safety dan teknologi berkendara baru, guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan selama mengemudi.

Fitur keselamatan ASA

Sistem ASA (ADM)

ASA merupakan kependekan dari Advanced Safety Assist. Sebuah teknologi keselamatan aktif yang berfungsi untuk membantu pengemudi mengurangi risiko kecelakaan.

Perangkat keselamatan ini tidak terbatas pada airbags atau Vehicle Stability Control (VSC), namun penggunaan kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil. Setelah itu sinyal kamera dikirim ke ECU untuk mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Berkat penggunaan teknologi tersebut, peranti keselamatan Daihatsu Rocky jadi komplet. Di antaranya ada Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking yang memberi peringatan dan mengerem ketika potensi tabrakan terdeteksi. Ada juga Pedal Misoperation Control di mana mobiltertahan untuk mencegah tabrakan depan karena salah menginjak pedal gas.

Baca Juga  UPDATE, Info BMKG Pagi ini Gempa 5,5 SR Guncang Bitung. Tak Berpotensi Tsunami

Selain itu ASA juga memperingatkan pengemudi jika mobil di depan sudah mendekat atau disebut Front Departure Alert. Pengemudi juga diingatkan untuk tidak keluar jalur atau lebih dikenal sebagai Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention untuk mengarahkan mobil ke jalur yang benar.

Teknologi D-CVT

Teknologi D-CVT (ADM)

Selain itu Daihatsu Rocky  dilengkapi Dual Mode CVT atau D-CVT. Pada dasarnya peranti ini merupakan versi pengembangan dari teknologi transmisi CVT yang menggunakan mekanisme split gear dan 1 set planetary gear.

Untuk pengembangan D-CVT pada Daihatsu Rocky, penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear. Hasilnya mesin terasa lebih halus dan bertenaga pada saat kecepatan rendah dan lebih irit pada kecepatan tinggi.

Baca Juga  5 Rekomendasi Film Nominator Oscar, Layak Masuk Daftar Nontonmu

Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA

Sekadar informasi, selain adanya fitur keselamatan ASA, Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA juga dilengkapi berbagai fitur menarik, di antaranya speedometer digital, keyless entry dan tombol start stop, AC digital, head unit canggih dengan support  Android Auto dan Apple CarPlay.

Daihatsu Rocky dibekali mesin 996cc turbo berkode 1KR-VET dengan semburan tenaga sebesar 97 hp dan torsi 140 Nm. Saat ini Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA dibanderol Rp 250 juta.

(red/otosia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.