Masayarakat Capalulu Kirim Surat Penolakan Terhadap Kades ke Bupati

oleh -158 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana Kepsul-Maluku Utara. Masayarakat Desa Capalulu, Kecamatan Mangole Tengan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), melayangkan surat penolakan Kapala Desa (Kades) M. Ali umasangaji, kepada Bupati Hendrata Thes, melalui Camat Mangole Tengah Ismail Soamole.

Surat penolakan masayarakat yang ditanda tangan oleh 400 orang warga Masayarakat Desa Capalulu, itu disertakan beberapa poin masalah yang diduga terjadi di Desa. Terutama persoalan Anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Masayarakat sudah layangkan surat penolakan Kades M.Ali umasangaji, dengan tujuan Bupati Hendrata Thes dia dari jabatan Kades dan mengangkat Penjabat Kapala Desa.

Dimana, bentuk penolakan pertama dengan cara Masayarakat palang kantor Desa beberapa hari hingga saat ini belum juga dibuka” kata Perwakilan Masayarakat Desa Sahrul Ipa kepada awak media Minggu (17/11/2019).

Link Banner

Menurut Sahrul, poin-poin yang tertuang didalam Surat penolakan tersebut, adalah Kapala Desa tidak terbuka dengan informasi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan yang bersumber dari anggaran DD dan ADD 2016-2017 dan 2018.

Baca Juga  Jalan Kuliner Berlubang, Warga Net Minta Pemkot Bitung Perbaiki

Kades diduga menyelewengkan anggaran Desa 2016 sampai 2018. Adanya item kegiatan fisik dan non fisik tahun 2016 sampai 2018, dinilai fiktif.

“Dan tidak adanya Laporan Pertanggung Jawaban (LPj) tahunan Desa sejak 2016 sampai 2018, untuk dimasukan ke Inspektorat Kepsul,” ungkap Sahrul. (ifo)