Mendagri Singgung Soal Dinas Luar Negeri, Anies Bilang Begini

oleh -60 views
Link Banner

@porostimur.com | Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menyinggung kunjungan kerjanya ke luar negeri.

Dilansir tempo.co, Anies menilai Kementerian Dalam Negeri baiknya mengatur soal berpergiannya kepala daerah ke luar negeri. Hal ini, kata dia, juga sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) pengajuan izin dinas ke luar negeri kepala daerah yang baru dikeluarkan Kemendagri.

“Baik diatur Kemendagri, dengan begitu Kemendagri bisa mengatur mana yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan kerja sama, investasi, dan mana yang pergi untuk jalan-jalan,” kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

Anies pun mendukung Kemendagri untuk membuka data terkait kunjungan kerja luar negeri kepala daerah. “Saya malah senang kalau diatur dan datanya dibuka, daftar kegiatannya apa, dengan begitu saya bisa menunjukan ini loh kunjungan kerja saya,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur Papua Tolak KKB Sebagai Teroris, Mardani: Ini Masalah Serius

Selama tahun ini, Anies mengakui ia sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke luar negeri, mulai dari Jepang, Kolombia hingga Amerika Serikat. Ia memastikan jika kegiatan tersebut merupakan kegiatan resmi kepala daerah yang diundang penyelenggara secara langsung.

Anies kemudian memaparkan sejumlah capaiannya saat kunjungan ke luar negeri. Salah satunya adalah Jakarta yang berhasil menjadi tuan rumah balapan Formula E.

“Saya Alhamdulillah setiap kali pergi justru untuk mengundang orang datang ke Indonesia, termasuk membawa Formula E untuk bermain di sini. Nah itu harus dikerjakan dengan datang ke luar negeri,” kata Anies.

Pada 19 Juli 2019, Mendagri Tjahjo Kumolo meneken surat bernomor 009/5546/SJ dan 009/5545/SJ tentang SOP izin dinas ke luar negeri kepala daerah. Tjahjo menegaskan hal ini dibuat untuk memastikan tak ada kepala daerah yang bepergian secara sembarangan. “Dasarnya ada juga beberapa kepala daerah yang asal pergi. Asal pergi, tidak mengajukan izin. Kan nggak enak, kami ditanya bapak presiden,” kata dia di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2019.

Baca Juga  Pemkot Ambon dan BI Perwakilan Maluku Bentuk TP2DD

Tjahjo mengatakan masih ada kepala daerah yang masih menunjukan intensitas berpergian ke luar negeri yang tinggi. Saat ditanya wartawan apakah salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Tjahjo enggan mengkonfirmasi.

Namun, ia mengakui Anies beberapa kali bepergian ke luar negeri. “Dia (Anies) nggak ada wakil (Gubernur), tapi satu tahun berapa kali dia (bepergian). Hampir sebulan dua tiga kali. Ada loh gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada,” kata Tjahjo.

Meski begitu, Tjahjo tak menjawab pertanyaan siapa saja gubernur yang setiap pekan izin ke luar negeri. Ia mengatakan Kemendagri terkadang berada dalam posisi dilematis. Beberapa kepala daerah, kata dia, memang memiliki agenda khusus saat pergi ke luar negeri. (red)