Napi yang Kabur dari Lapas Ternate Berhasil Diamankan Warga Hiri

oleh -149 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Masyarakat Kelurahan Tafraka Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate berhasil mengamankan Muhammad Kasim Hafel alias Upi narapidana (Napi) kasus pembunuhan dan pencurian yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ternate, Senin kemarin.

Informasi diamankannya warga binaan yang sempat menjadi DPO Lapas Ternate ini lewat unggahan salah satu pengguna media sosial di facebook.

Kalapas Kelas IIA Ternate, Maman, membenarkan penangkapan buronan DPO ini.

“Iya betul. Masyarakat Pulau Hiri menemukan orang yang tidak dikenal terus dilaporkan ke pemerintah setempat dan langsung dimanankan,” kata Maman saat dihubungi wartawan, tadi.

Menurutnya, saat ini tim Lapas Ternate sudah menuju ke Pulau Hiri untuk menjemput warga binaan yang melarikan diri itu.

Baca Juga  CP tewas dikeroyok 2 pemuda mabuk

“Tim sudah menuju ke lokasi untuk mengamankan warga binaan yang kabur itu,” uajrnya singkat.

Sekadar diketahui, terpidana Upi melarikan diri dengan memanjat tembok Lapas setelah melakukan pengrusakan gembok kamar yang dihuni bersama Bayu salah satu Napi kasus narkotika.

Keduanya hendak melarikan diri. Beruntung Bayu berhasil ditangkap. Sementara Upi berhasil lolos hingga diamankan warga Hiri.

Kapolsek Pulau Ternate, Ipda Mirna Oramali, membenarkan adanya informasi terkait dengan penangkapan Upi napi kasus pembunuhan yang melarikan diri dari Lapas. “Iya Informasinya begitu, saya sekarang masih tunggu di Pelabuhan Sulamadaha,” ungkapnya saat dikonfrimasi via handphone, Rabu (25/8/2021).

“Selanjutnya, akan dikembalikan ke Lapas Kelas II Ternate melalui pelabuhan Sulamadaha yang dikawal ketat petugas. Pihak Kemenkumham Malut juga akan menyelidiki keterlibatan orang dalam dalam kasus pelarian narapidana tersebut,” pungkasnya. (sarjan)