Pangkogabwilhan III Gandeng Wantannas Sosialisasi Bela Negara

oleh -136 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Kepedulian akan pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terhadap generasi muda saat ini dirasa perlu dilakukan peningkatan, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin bekerjasama dengan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) untuk memberikan sosialisasi tentang Bela Negara kepada personel Kogabwilhan III yang nantinya akan dilanjutkan ke jajaran Kogabwilhan III, bertempat di Aula Kogabwilhan III Kompleks Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur. Selasa (9/11/2021).

Sosialisasi Bela Negara tersebut diikuti oleh Kaskogabwilhan III, Para Asisten dan Wakil Asisten (Waas) Kaskogabwilhan III beserta para pejabat utama Kogabwilhan III lainnya.

Pangkogabwilhan III dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan rasa keprihatinan atas kondisi generasi muda saat ini yang dirasa semakin luntur jiwa nasionalisme dan bela negaranya, sehingga harapannya setelah adanya sosialisasi bela negara dengan menggandeng Wantannas ini selanjutnya dapat diterapkan kepada generasi muda yang ada di wilayah jajaran Kogabwilhan III.

Baca Juga  5 Film Absurd yang Tidak Mudah untuk Kamu Pahami, Apa Saja?

“Saya menyambut baik kegiatan ini, bersama Wantannas kita kuatkan jiwa nasionalisme generasi muda dengan pemberdayaan semangat bela negara melalui metode pembelajaran, ini sejalan ketika saya menjabat selaku Pangdam XVI/Pattimura dengan program Aplikasi Kelasku sebagai sarana pendidikan untuk membantu anak-anak sekolah yang dapat diakses secara gratis,” terang Letjen Jeffry.

Sementara itu Brigjen TNI Harris Sarjana selaku Ketua Tim dari Wantannas mengatakan bahwa sosialisasi Bela Negara ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, dan kali ini berkesempatan di Kogabwilhan III agar tercipta pemahaman khususnya oleh generasi muda terhadap semangat kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia.

Dr. Sofian Tjandra, Phd., selaku pemateri, mengatakan bahwa sebelum pemberian materi Wasbang dan Bela Negara kepada generasi muda, harus diawali dengan pemberian motivasi semangat belajar pada generasi muda.

Baca Juga  Letjen Jeffry A Rahawarin Tinjau Pembangunan Kantor Kogabwilhan III di Timika

Dr. Sofian mengenalkan Program Revolusi Metodologi Pembelajaran (RMP), yaitu sebuah konsep pembelajaran interaktif dan menyenangkan yang berbasis it dan multimedia yg sistematis, efisien dan efektif dalam upaya pemaksimalan hasil belajar para siswa di sekolah mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

“Dengan metode RMP tersebut belajar jadi menyenangkan, karena kurikulum pelajaran yang ada dikemas dalam bentuk animasi – Cinema Edutainment, layaknya anak-anak sedang nonton tapi belajar, dan materi-materi bela negara dapat dimasukkan dalam sistem tersebut” ujar Dr. Sofian. (keket)