Pasangan Posesif Bikin Ngak Nyaman? Inilah 5 Cara Dewasa Menghadapi Sikapnya

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Memiliki pasangan posesif memanglah tidak mudah dan terkadang menyulitkan. Bahkan kadang-kadang perilakunya justru membuat kita tidak nyaman.

Untuk kamu yang mungkin sedang menjalani hubungan dengan tipikal pasangan seperti ini, kamu bisa coba mengikuti 5 cara berikut dalam menghadapi pasangan posesif.

1. Mencari Tau Alasan di Balik Posesifnya

Alasan pasangan menjadi posesif | Foto : freepik.com/drobotdean
Alasan pasangan menjadi posesif | Foto : freepik.com/drobotdean

Meskipun ada sebagian orang yang sifat posesifnya memang merupakan sifat bawaannya, tapi tidak sedikit juga yang memiliki sifat ini dikarenakan satu dua hal. Masa lalu dan didikan dari lingkungannya sangat berpengaruh terhadap sifat posesifnya ini.

Orang yang cenderung mempunyai masalah kepercayaan atau trust issue di masa lalu, bisa saja menjadi lebih posesif sekarang karena takut dibohongi lagi. Oleh karena itu, langkah awal dalam menghadapi posesif, kamu wajib mencari tau apa yang menyebabkan pasanganmu menjadi orang yang posesif. Dengan mengetahui alasan pasangan, kamu akan menjadi lebih mudah dalam menghadapi sifat posesif dari pasanganmu.

2. Mengomunikasikan Jadwalmu dengan Pasanganmu

Mengkomunikasikan jadwal bersama pasangan | Foto : freepik.com/rawpixel.com
Mengomunikasikan jadwal bersama pasangan | Foto : freepik.com/rawpixel.com

Pasangan yang posesif selalu ingin bersama kita kapanpun dan dimanapun. Untuk kamu yang memiliki jadwal padat, tentu saja hal ini akan sangat mengganggu waktumu. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkomunikasikan jadwalmu dengan dia. Kamu bisa mencoba untuk memberikannya pengertian bahwa ada hal penting lain yang harus kamu selesaikan juga. 

Baca Juga  Brimob Polda Malut Berhasil Musnahkan Senpi dan Granat di Falabisahaya

3. Mengenalkan Semua Temanmu dengan Dia

Mengenalkan temanmu dengan pasanganmu | Foto : freepik.com/tirachardz
Mengenalkan temanmu dengan pasanganmu | Foto : freepik.com/tirachardz

Pasangan posesif merupakan seseorang yang cenderung cemburuan dan mudah curiga. Untuk menghindari kecurigaannya ini, ada baiknya kamu mengenalkan semua temanmu dengannya, terutama teman yang sering bermain dan ngobrol denganmu. Hal ini supaya pasanganmu bisa merasa aman dan kamu juga tidak perlu mengkhawatirkannya.

4. Menyempatkan Waktu untuk Mengabarinya

Mengabari pasangan | Foto : freepik.com/freepik
Mengabari pasangan | Foto : freepik.com/freepik

Memberi kabar merupakan suatu keharusan bagi seorang pasangan yang posesif, hal ini dikarenakan mereka selalu ingin tau apa yang sedang kita kerjakan, dimana kita berada dan dengan siapa. Daripada nantinya dia terus-menerus menelponmu, sebaiknya kamu mengabarinya terlebih dahulu terkait jam aktivitasmu. Kamu juga bisa memberitahu pasanganmu bahwa kamu tidak bisa diganggu pada jam tertentu.

Baca Juga  Kodam XVI/Pattimura Adakan Rapat Penyusunan RKA TA. 2021

5. Memberikannya Pemahaman

Memberikan pemahaman kepada pasangan | Foto : freepik.com/tirachardz
Memberikan pemahaman kepada pasangan | Foto : freepik.com/tirachardz

Satu hal yang harus selalu kamu lakukan untuk menghadapi pasangan posesif yaitu tidak berhenti untuk terus memberikannya pemahaman. Pasangan posesif memiliki keinginan mengatur dan mengekang secara berlebihan. Meskipun begitu, bukan berarti sifat posesif dari pasangan tidak bisa dihilangkan. Mudah-mudahan dengan terus memberikannya pemahaman, pasanganmu bisa menjadi lebih mengerti dan pikirannya terbuka.

Selama pasanganmu ini tidak menyakitimu dan merugikanmu, tidak ada salahnya jika kamu membantu dia keluar dari sifat posesifnya. Apalagi jika pasanganmu memiliki sifat ini karena luka masa lalunya. Namun, jika sifat posesifnya justru sangat mengganggumu hingga membuat tidak tenang, ada baiknya kelanjutan hubungan kalian berdua segera dipertimbangkan lagi.

Baca Juga  Dokter Ramai-ramai Serang Moeldoko, 'Tudingannya Berbahaya, Apalagi Pejabat Negara'

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.