Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Raih Penghargaan dari Menteri Agama RI

oleh -104 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Satuan Kerja (Satker)  Pembimas Buddha Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menerima piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha sebagai Satker dengan capaian kinerja tertinggi tahun 2019.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi kepada Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sariyono, pada rangkaian acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha dengan tema “Moderasi Beragama, Umat Buddha Rukun, Indonesia Maju” di Hotel Mercure Harvestland Kuta, Bali, Rabu (5/2).

Selaku Pembimas, Sariyono menyampaikan rasa syukur atas pencapaian yang diraih atas kinerja selama tahun 2019.

“Kita patut bersyukur, karena pada  realisasi capaian kinerja tahun ini kita masuk pada peraih tertinggi. Saya ucapkan terimakasih atas kerjasama dan ini kerja keras dari kita semua terutama staf pada Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dalam mewujudkan capaian kinerja tertinggi tahun 2019 dan merealisasikan anggaran sehingga serapannya sesuai perencanaan,” kata pembimas kepada media ini, Kamis (6/2).

Meski sudah mencapai kinerja peringkat tertinggi se Indonesia, Sariyono mengatakan, akan berusaha untuk dapat terus melaksanakan program dan anggaran sesuai perencanaan. Sehingga tahun 2020, capaian kinerja dan serapan anggaran juga akan semakin lebih baik lagi.

Baca Juga  3 Warganya Berstatus PDP, Pemprov Malut Diminta Tak Sepelekan Corona

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mewakili Menteri Agama Fachrul Razi dalam sambutannya saat Rakornas Ditjen Bimas Buddha, kemarin (rabu-red), mengingatkan beberapa hal penting yang harus diakselerasikan secara massif oleh setiap unit eselon satu dalam pelaksanaan Program dan Kegiatan di tahun 2020.

Pertama, pemberantasan korupsi. Caranya menutup semua celah peluang terjadinya korupsi, khususnya dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Selain itu juga melalui penerapan penegakan hukum terhadap ASN yang terlibat dalam tindak korupsi.

“Kedua, penguatan wawasan kebangsaan dalam rangka menangkal berkembangnya paham-paham radikal yang berbasis agama,” ujar Kemenag

“Dan ketiga, pengarusutamaan moderasi beragama dalam rangka mewujudkan kehidupan beragama yang damai dan harmonis,” sambung Wanenag

Dijelaskan Wamenag, dalam kerangka berbangsa dan bernegara, moderasi beragama harus menjadi bagian penting dalam merawat Indonesia, sebagaimana para pendiri bangsa ini telah nyata dapat menyatukan semua kelompok agama, etnis, bahasa, dan budaya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga  4 Model Tas Daily Wear Kekinian yang Masih Tren di Tahun 2021

“Nilai-nilai agama dijaga, dipadukan dengan nilai-nilai kearifan lokal. Inilah sesungguhnya jatidiri Indonesia, negeri yang sangat agamis, dengan karakternya yang santun, toleran, dan mampu berdialog dengan keragaman,” kata Wamenag.

Rakernas ini, diikuti pejabat pusat dan daerah terdiri dari 118 orang terdiri dari STABN, dan pembimas se Indonesia. Rakernas beralngsung selama empat hari, dengan harapan dapat menyamakan perspesi ASN Ditjen Bimas Buddha, membangun sinergi pusat dan daerah untuk menghadirkan pelayanan prima bagi umat Buddha di tanah air.

Tampak hadir juga dalam Rakernas ini, Dirjen Bimas Buddha Caliadi, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi, Sekretaris Ditjen Bimas Buddha Nyoman Suriadarma, Ketua PTKN Agama Buddha, Pimpinan Majelis Agama Buddha, Romo Ramani dan tokoh agama Buddha serta pejabat eselon III dan IV se Indonesia.

Berikut penghargaan yang diberikan kepada Satker berprestasi :

1. Satker Wilayah dengan Capaian Kinerja Tertinggi (Kategori Satker Kecil) Satker Wilayah Provinsi Maluku.

Baca Juga  5 Rumah Rusak, Warga Bitung Masih Mengungsi

2. PTKBK dengan Capaian Nilai ZI Tertinggi STABN Sriwijaya.

3. PTKBN yang Memiliki HAKI Terbanyak STABN Raden Wijaya.

4. UAPPA-W dengan Serapan Tertinggi tahun 2019 (Kategori Satker Kecil) UAPPA-W Provinsi Sulawesi Tengah.

5. UAPPA-W dengan Serapan Tertinggi tahun 2019 (Kategori satker Sedang) UAPPA-W Provinsi Lampung.

6. UAPPA-W dengan Serapan Tertinggi tahun 2019 (Kategori Satker Besar) UAPPA-W Provinsi Sumatera Utara.

7. PTKBN dengan Capaian Nilai RB Tertinggi STABN Raden Wijaya.

8. Satker Wilayah dengan Capaian Kinerja Tertinggi (Kategori Satker Sedang) Satker Wilayah Provinsi Lampung.

9. Satker Wilayah dengan Capaian Kinerja Tertinggi (Kategori Satker Besar) Satker Wilayah Provinsi Sumatera Utara.

10. Satker Wilayah Paling Aktif Mengisi SIORI: Provinsi Jawa Tengah.

11. Satker Wilayah dengan Jumlah Binaan Penyuluh Terbanyak Satker Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

12. Satker Wilayah dengan Jumlah Sekolah Minggu Buddha Terdaftar Terbanyak Satker Wilayah Provinsi Riau.

13. Satker Wilayah dengan Jumlah Nava Dhammasekha terbanyak Satker Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. (shinta/inmas)