Penuhi Permintaan Pasar Melalui Inovasi Teknologi Terlindungi Paten, DJKI dan Kumham Maluku Gelar Seminar

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku dalam kerjasamanya dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyelenggarakan Seminar “Perlindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual bagi Kalangan Universitas, Industri dan Usaha Kecil Menengah” Tahun 2022, Senin (28/03).

Terselenggara di Ballroom Swissbell Hotel Ambon, kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, H.M Anwar N, dihadiri Mr. Nishiyama Tomahito dari JICA dan diikuti oleh Jajaran Kemenkumham Maluku, sivitas akademi, udangan dan para peserta seminar yang berasal dari berbagai kalangan.

Melalui sambutan yang disampaikannya, Anwar menerangkan bahwa Provinsi Maluku merupakan daerah strategis untuk mengembangkan potensi industrial, tak hanya dalam Sumber Daya Alam (SDA), namun juga dengan ditetapkannya kota Ambon sebagai kota musik yang diharapkan dapat melahirkan karya-karya intelektual yang dapat memajukan perekonomian Indonesia.

Baca Juga  Setelah GR Yaris, Toyota Bakal Luncurkan GR Corolla

Dari berbagai kekayaan dan potensi yang dimilikioleh Maluku, upaya untuk mendukung pembangunan industri dapat dicapai salah satunya melalui sistem perlindungan Kekayaan Intelektual yang dapat berupa perlindungan Hak Cipta, Paten, Merek, Desain Industri, dan Indikasi Geografis.

“Melalui kegiatan ini mari kita pelajari berbagai strategi yang akan dibawakan oleh Narasumber, belajar dari Jepang tentang bagaimana memanfaatkan hasil riset di bidang teknologi agar berhasil memenuhi permintaan pasar melalui upaya inovasi teknologi yang dilindungi Paten,” pinta Kakanwil.

Dikesempatan yang sama, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Daulat P. Silitonga menyampaikan bahwa seminar keliling ini terselenggara untuk penyebarluasan informasi guna meningkatkan pengetahuan terkait Kekayaan Intelektual, dengan menghadirkan Narasumber dan Instansi Internasional yang telah memiliki sepak terjang mempuni di bidangnya.

Baca Juga  Kapolda Maluku Kunjungi Kantor Komnas HAM

Hak Kekayaan Intelektual yang berkembang dari masa ke masa menggencar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk melek Hukum Kekayaan Intelektual, lewat kesempatan inipun dikatakan oleh Silitongah bahwa DJKI selalu mengupayakan peningkatkan sistem pelayanan agar dapat terus memberikan yang terbaik, hal tersebut dikatakannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memfasilitasi setiap pendaftaran KI berbasis online dari mulai pendaftaran hingga melakukan pencetakan sertifikat.

“Semaksimal mungkin kami usahakan dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat, dalam melakukan pendaftaran merek, peningkatan dari waktu ke waktu dengan mengoptimalisasi aplikasi Intellectual Property Online (IPROLINE)” tutur Silitonga.

Mengakhiri arahannya, Daulat P. Silitonga meminta para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan fokus agar melalui acara ini dapat memperoleh pemahaman mendalam terkait pentingnya KI kepada pelaku UMKM, universitas dan industri agar karyanya dapat dilindungi dan terus dikembangkan dengan menciptakan ide dan kreasi baru serta tentunya dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. (Nur)