Peringati Hari Pahlawan, Pangdam Hadiri Tabur Bunga Bersama Forkopimda Maluku

oleh -91 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq turut menghadiri Upacara Tabur Bunga Memperingati Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu ke-202 Tahun 2020 bertempat di Dermaga Irian Lantamal IX/Ambon, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Orno yang turut dihadiri oleh Kapolda Maluku, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Patimura, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Kajati Maluku, Rektor Universitas Patimura, Pimpinan SKPD Provinsi Maluku,  Wadan Lantamal IX/Ambon, Para PJU Kodam XVI/Patimura, Para PJU Polda Maluku, Para PJU Lantamal IX/Ambon serta tamu undangan lainnya.

Upacara Tabur Bunga ini bertujuan untuk mengenang  jasa, tekad, dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran demi melindungi Keutuhan dan Kesatuan NKRI khususnya pahlawan wanita yang berasal dari Maluku seperti Christina Martha Tiahahu.

Baca Juga  Son Heung Min Jadi Pemain Asia Termahal di Dunia

Yang mana spirit perjuangan pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu, seorang Srikandi Maluku gagah berani yang rela berkorban untuk emansipasi harkat dan martabat bangsanya.

Pada peringatan ke 202 ini, semoga dapat menjadi memotivasi seluruh generasi muda khususnya kaum perempuan.

Dengan semangat dan jiwa kabaresi Putri Nusalaut mampu meruntuhkan keangkuhan penjajah hanya dengan bermodalkan tombak.

Keberhasilan Martha Christina Tijahahu dalam melawan tirani kekuasaan dan Monopoli ekonomi kolonial yang menyengsarakan dan memiskinkan rakyat Maluku kalau itu adalah sebuah keberhasilan perjuangan luhur untuk membela kemanusiaan, Srikandi Maluku ini bangkit melawan penjajah untuk mempertahankan hak dan kedaulatan Negerinya. (shinta)