Pertamina Segera Gantikan Shell di Masela, Pekan Depan Teken Perjanjian

oleh -42 views

Porostimur.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) segera menggantikan Shell di Blok Masela. Rencananya, penandatanganan sales purchase agreement (SPA) atau perjanjian jual beli terkait hak partisipasi Blok Masela dilakukan pada pekan depan.

“Masela rencananya minggu depan juga. (Teken SPA) Iya direncanakan,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengutip detikcom, Sabtu (22/7/2023).

Meski demikian, Fadjar belum mengungkap berapa nilai yang digelontorkan Pertamina untuk mengambil hak partisipasi tersebut. Termasuk, saat ditanya apakah Pertamina akan masuk ke Blok Masela bersama Petronas.

Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto memastikan, Pertamina dan Shell telah sepakat mengenai harga pengambilalihan hak partisipasi di Blok Masela. Dwi memastikan, harga untuk ambil alih hak partisipasi ini di bawah US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15,1 triliun (kurs Rp 15.100).

Baca Juga  Masjid Al-Iza STAIN RW 10- RT 17 Sembelih 6 Hewan Kurban, Tak Semua Warga Kebagian

“Iya di bawah (US$ 1 miliar),” katanya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

Dwi mengatakan, Shell mau melepas hak partisipasi di bawah US$ 1 miliar karena pemerintah mengharapkan Shell untuk mempercepat jalannya proyek ini. Di sisi lain, pemerintah juga mengingatkan Shell punya banyak bisnis di Tanah Air.