Picu Banjir, Curah Hujan di Jakarta Hari Ini Tertinggi Sejak 1996

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Banjir menggenangi sejumlah wilayah di daerah Jabodatabek pagi hingga siang hari ini. Salah satu faktor penyebab banjir adalah curah hujan yang sangat tinggi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengutip data BMKG, merilis curah hujan hari ini di Jakarta tertinggi sejak tahun 1996. Titik hujan tertinggi ini ada di Jakarta Timur.

“Hujan tahun baru kali ini sangat ekstrem dan melanda sebagian besar Jawa bagian barat, utara, sehingga menyebabkan banjir besar yang merata di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung Barat, bahkan Cikampek dan Cipali. Hujan kali ini bukan hujan biasa,” kata Kepala Pusdatin BNPB dalam keterangannya, Rabu (1/1).

Banjir Jakarta, Blue Bird Kramat Jati
Warga melintas mess taksi blue bird yang terendam banjir di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Data dari beberapa titik pengukuran BMKG, curah hujan di beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya memecahkan rekor tertinggi.

Berikut data dari BMKG:

Baca Juga  Lahan adat diseroboti PT PLN, Raja rehenshap Liliay berang

Halim Perdanakusumah: 377 mm/hari

Taman Mini: 335 mm/hari

Jatiasih: 259 mm/hari

Sementara, berikut data rekor curah hujan di periode banjir besar sebelumnya:

Berikut ini data intensitas curah hujan pada saat terjadi banjir besar sejak 1996:

1996: 216 mm/hari

2002: 168 mm/hari

2007: 340 mm/hari

2008: 250 mm/hari

2013: 100 mm/hari

2015: 277 mm/hari

2016: 100 – 150 mm/hari

BMKG memprediksi masih terjadi hujan pada hari ini sehingga masih mungkin terjadi banjir lagi.

“BNPB mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang potensi banjirnya akan meninggkat agar evakuasi ke tempat aman terlebih dahulu,” kata Agus.

“Yang penting selamatkan jiwa terlebih dahulu,” tutupnya.

Baca Juga  Kadin Maluku Gelar Musprov VIII dan Pelantikan Pengurus Kadin Maluku 2019-2024

Hingga saat ini banjir masih menggenangi sejumlah pemukiman di Jakarta hingga mencapai atap rumah. Gubernur DKI Anies Baswedan sudah mengerahkan kekuatan penuh untuk mengatasi banjir. (red/rtl/kump)

Banjir Jakarta, Kramat Jati
Sejumlah polisi mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan