Pilpres 2024 Kesempatan Terakhir Megawati Penuhi Perjanjian Batu Tulis

oleh -157 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Pemilihan Presiden (Plpres) 2024 nanti disebut sebagai kesempatan terakhir bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memenuhi janjinya dalam Perjanjian Batu Tulis. Atas dasar itu, potensi terjadinya koalisi antara Prabowo Subianto dan Puan Maharani disebut semakin menguat.

“Pasangan Prabowo-Puan kemungkinan besar akan terwujud. Sebab, Pemilu 2024 akan menjadi kesempatan terakhir bagi Megawati untuk melunasi janjinya yang tertuang dalam Perjanjian Batu Tulis,” ujar Dosen Ilmu Politik & International Studies, Universitas Paramadina A Khoirul Umam dalam keterangan yang diterima, Selasa (11/1/2022).

Sebagai politisi senior, Umam memandang Megawati sadar betul martabat seorang politisi salah satunya ada di aspek kepercayaan. Politisi yang tidak menepati janji adalah hal biasa, namun jika dia berusaha untuk menepati janjinya, kelas politiknya akan semakin tinggi.

Baca Juga  Ngurbloat: Pantai dengan Pasir Terlembut se-Asia

Umam mengungkapkan saat ini baik PDIP maupun Gerindra berada di posisi menunggu sembari mengamati perkembangan politik nasional. Jika akhirnya Megawati tidak memenuhi Perjanjian Batu Tulis, sulit bagi Prabowo untuk bertarung di pemilihan selanjutnya.

“Jika janji itu tidak ditunaikan Megawati di Pilpres 2024, maka besar kemungkinan Prabowo akan kehilangan momentum di pemilu-pemilu mendatang,” tutur Umam.

Sebagai informasi, Perjanjian Batu Tulis adalah kesepakatan politik yang dibuat oleh Megawati dan Prabowo di 2009 lalu. Dalam kesepakatan tersebut, PDIP sepakat untuk mendukung Prabowo di Pilpres 2014. Namun, janji itu urung terjadi karena PDIP mencalonkan Joko Widodo didampingi Jusuf Kalla saat Pilpres 2014.

(red/beritasatu)

No More Posts Available.

No more pages to load.