Polda Maluku Ungkap Praktek BBM Ilegal di Ambon, Sejumlah Sopir dan Operator SPBU Ditangkap

oleh -234 views

Porostimur.com, Ambon – Subdit 4 Tindak Pidana Tertentu, Direktorat Kriminal Khusus, Polda Maluku, berhasil mengungkap praktek bbm secara ilegal di area SPBU. Tim yang dipimpin langsung Kasubdit 4 Tipditer Kompol Andi Zulkifli, menangkap tangan para pelaku penyalahgunaan JBP (Jenis Bahan Bakar Minyak Penugasan yakni Pertalite).

Pengungkapan kasus terjadi di area SPBU Tanah Rata, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Mereka yang ditangkap adalah sejumlah oknum sopir mobil mewah, yang melakukan pengisian bbm berulang-ulang dengan menggunakan tangki modifikasi dan jerigen.

“Kita ada mengamankan tindakan yang mana orang tersebut melakukan tab2 bbm pertalite, jadi memang tidak diperbolehkan karena mereka berulang-ulang mengisi di mobil berisi jeringan ataupun juga tangki modivikasi,” kata Kompol Andi Zulkifli, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga  Tim SAR Evakuasi Korban dan Bangkai Helikopter Jatuh di Hutan Halmahera

Andi menjelaskan, untuk melancarkan praktek tersebut, para oknum sopir menggunakan nomor polisi ganda, yang jumlahnya mencapai belasan buah untuk satu unit mobil guna mengisi bbm pertalite secara berulang-ulang. Para pelaku juga menggunakan banyak barcode agar bisa berulangkali masuk ke area SPBU.

“Mereka menggunakan cara dengan memakai beberapa plat mobil jumlahnya sampai belasan plat, kemudian mereka menggunakan barcode agar mereka berulang ulang, masuk mengambil daripada pertalite. Tentu ini efeknya banyak karena terjadi kerugian dari masyarkat dan juga kerap menyebabkan antrian yang begitu panjang,“ ujarnya.

Andi menambahkan, praktek tersebut telah berlangsung lama, dan menjadi keluhan warga yang kerap mengantri di SPBU tersebut.

Baca Juga  KPK Duga Sejumlah Perusahaan Tambang di Maluku Utara Suap AGK untuk Dapatkan IUP

Sebanyak empat orang langsung diamankan petugas. Mereka adalah Fahrul Ode, Muhammad Rizal dan Mulyadi sebagai sopir, serta Ahmad Rifai Yasin sebagai operator Nosel SPBU.

“Mereka kini diamankan di kantor Krimsus Polda Maluku di Batu Gajah kota Ambon untuk penyelidikan lanjutan. Tiga unit mobil mewah dan satu mobil pickup, bersama belasan jerigen berisi penuh BBM pertalite turut diamankan sebagai barang bukti,” pungkasnya. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.