Review Daihatsu Sirion, Si Kecil yang Gesit dan Irit

oleh -20 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Belum lama ini, Daihatsu memperkenalkan mobil Sirion seri terbaru mereka, New Daihatsu Sirion. Memang benar, sejak pertama dirilis tahun 1998 silam, seri Daihatsu ini menyasar para generasi muda yang senang dengan konsep simpel tapi tetap elegan dan pastinya stylish. Tak hanya mengubah bagian eksterior, Daihatsu pun melakukan banyak perubahan di bagian interior dan fiturnya.

Tampilan Eksterior yang Memesona

Sirion sendiri punya panjang sekitar 3.8 m, lebar 1,7 m, dan tinggi sekitar 1.5 m. Sementara jarak sumbu rodanya sekitar 2.5 m dan ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 1.5 m. Artinya, kendaraan mungil ini jadi pilihan yang sangat tepat untuk melaju membelah jalanan di perkotaan yang sarat dengan kemacetan.

Agar tampilannya lebih maksimal, Daihatsu mengusung konsep sporty dan trendy pada bodi kendaraan ini. Bagian depannya berhias grille memanjang sampai pada sisi lampu. Sementara lampu bagian depannya juga sudah mengusung teknologi LED. Sedangkan pada bagian bumper, ditambahkan bukaan dengan bentuk trapesium dan jaring dengan lubanh besar.

Tak ketinggalan, terdapat pula lampu kabut alias foglamp dengan bezel berwarna perak. Nah, untuk tampilan facelift terbarunya, terdapat aerokit berwarna gelap pada bagian depan. Fitur tambahan lainnya yaitu tempat untuk menaruh plat nomor berwarna hitam dan stone guard.

Spion Model Streamline

Guna menyempurnakan tampilannya, Daihatsu menggunakan velg tipe alloy berukuran 15 inci pada seri Sirion terbaru. Terlebih, kini mobil kecil ini pun sudah menggunakan spion dengan model streamline yang turut terintegrasi dengan lampu sein. Pastinya, ini sangat membantu Anda saat memarkir kendaraan. Bahkan, spion kini dapat dilipat melalui tombol pada kabin secara otomatis.

Baca Juga  Dua Wagub Akan Hadiri Pembukaan Sidang Sinode III Keuskupan Amboina

Kini, Anda bisa mendapati upper spoiler yang memiliki warna sama dengan bodi utama. Kelirnya pun ada lima macam, terbaru yaitu Electric Blue Metallic, ada pula Granite Grey Metallic. Warna ini menjadi pelengkap tiga warna lain yang terlebih dulu dipasarkan.

Fitur dan Interior

Memasuki bagian dalam kabin, Anda akan merasa seperti kembali berjiwa muda dengan balutan nuansa yang modern. Sirion menggunakan warna-warna gelap pada semua interiornya. Bagian dashboard cukup sederhana tetapi tetap elegan dengan aksen yang tidak berlebihan. Kini, area tersebut sudah memiliki banyak fitur canggih yang sangat membantu Anda di perjalanan.

Nah, bagian menariknya adalah head unit yang kini menggunakan layar sentuh sebesar 7 inci. Tak ketinggalan, terdapat pula fitur mirror link yang memudahkan Anda menghubungkan perangkat ponsel. Agar pengemudi tetap fokus berkendara, terdapat audio switch pada kemudi. Tersedia pula colokan USB pada bagian depan dan belakang lengkap dengan power outlet yang membuat Anda serta penumpang bisa mengisi daya baterai meski sedang dalam perjalanan.

Kinerja Mesin

Sementara itu, tak banyak dilakukan perubahan pada mesin tipe Sirion. Daihatsu masih menggunakan mesin jenis 1NR-VE dengan mengusung teknologi dual VVT-i empat silinder dan kapasitas 1.300 CC. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 95 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 120 Nm untuk setiap 4.200 rpm.

Baca Juga  Triwulan I 2018, IMK Maluku tumbuh 4,10%

Jadi, mau dipakai untuk perjalanan sehari-hari atau perjalanan jauh tidak akan ada masalah. Terlebih dengan bobot 1.425 kilogram yang membuat Sirion tetap mampu melesat cepat. Tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis, dengan konfigurasi 5-speed untuk transmisi manualnya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan pastinya mengutamakan kenyamanan dalam berkendara.

Sistem AC Digital

Terletak tepat di bawah head unit, Anda bisa menemukan pengendali AC mobil. Menariknya, tampilan AC pada kendaraan roda empat besutan Daihatsu ini sudah memakai layar digital lengkap dengan tombolnya. Jadi, tak lagi ada kesan kuno dan ketinggalan zaman tentunya. Lalu, pada sisi sampingnya, ada tombol dengan bentuk bulat yang merupakan start/stop button. Fungsinya yaitu untuk menyala dan mematikan mesin hanya lewat sentuhan jari.

Singkatnya, adanya tombol tersebut memastikan bahwa Daihatsu Sirion sudah menggunakan konsep fungsi keyless untuk mengakses kabin. Fitur lainnya adalah bagian jok yang bisa diatur hingga ke empat arah, dilengkapi juga dengan fungsi tilt steering. Bagian jok belakang juga bisa diatur dengan dilipat pada sisi sandarannya. Jadi, Anda bisa memanfaatkan ruangan yang lebih luas di bagian belakang untuk penyimpanan barang-barang jika bepergian jauh.

Baca Juga  162 Personil Polres Halsel Kawal Pleno KPU

Sementara itu, semua informasi yang berkaitan dengan kendaraan akan ditampilkan lebih jelas melalui multi information display atau MID yang ada di bagian tengan instrumen panel bersama dengan indikator analog. Sederhananya, Daihatsu memastikan bahwa pengemudi tidak akan kesulitan mengakses semua fitur yang ada di dalam seri Sirion.

Mengusung Suspensi Gabungan

Nah, sekarang masuk pada bagian suspensinya. Mobil Sirion menggunakan suspensi gabungan antara Macpherson dengan coil spring pada bagian depannya. Sementara untuk sisi belakangnya, dipilih kombinasi antara Torsion Beam dengan coil spring. Tentunya, keduanya telah diperkuat dengan menggunakan stabilizer sehingga Anda tidak akan kehilangan stabilitas saat mobil menikung atau bermanuver.

Lalu, untuk bagian keamanannya, Daihatsu menggunakan rem cakram untuk ban depan dan tromol untuk bagian belakangnya. Tak ketinggalan, dipasang pula ABS atau anti-lock braking system dan EBD atau electronic brakeforce distribution untuk mencegah terjadinya ban selip, terlebih saat Anda harus melakukan pengereman secara mendadak.

Terakhir, untuk meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang yang duduk di kursi bagian depan, Daihatsu memberikan dual SRS airbag. Pun, untuk menghindari benturan saat memarkir kendaraan karena blind spot, bagian belakang mobil diberikan kamera buritan lengkap dengan sensor.

(red/pelita)

No More Posts Available.

No more pages to load.