Sambangi Kodim 1509/Labuha, Puskesmas Gandasuli Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok dan New Normal

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Sambangi Kodim 1509/Labuha, tim kesehatan dari Puskesmas Gandasuli mensosialisasikan kawasan tanpa rokok dan new normal.

Astuti, S.KM, yang juga bertindak sebagai narasumber menyampaikan permintaan maaf dikarena Dokter tidak sempat hadir ditengah-tengah acara pasalnya ada kegiatan yang juga berlangsung di Ternate.

Kegiatan sosialisasi Kawasan tanpa rokok yang berlangsung di aula Kodim 1509/Labuha, pada Rabu (16/9/2020) itu,
(KTR) yang dihadiri oleh anggota Kodim 1509/Labuha dan Koramil 1509-01/Bacan, yang didampingi oleh Pasiter 1509/Labuha Kapten Inf Aga Galela.

Pada kesempatan tersebut, Astuti menjelaskan Dasar pelarangan merokok yg diatur dalam UU No. 36 Thn 2009 Pasal 1 ayat 115 tentang tempat kerja yg merupakan salah satu Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang terdiri dari 7 kawasan tampat pelayanan kesehatan, Sekolah, Tempat Ibadah, Perkantoran,Tempat Bermain Anak (Taman), Angkutan umum, Tempat Umum ( Pasar dan Halte) dan Penekanan untuk merokok di tempat yang terbuka dan ruang merokok (Smoking Area), dikarena merokok penyebab berbagai penyakit serta asap rokok yang memiliki senyawa racun, juga tak sehat ditubuh serta berefek sangat negatif terhadap anak – anak disekitar lingkungan.

Link Banner

“Asap rokok yang masuk kedalam paru paru menutup saluran oksigen dan akan memperparah penyakit paru, Apa lagi disaat seperti saat ini Pendemi Covid 19 yang telah merenggut banyak jiwa, tak ada yang bisa menyimpulkan atau membuktikan bahwa perokok bisa terbebas dari Covid 19,” jelas Astuti

Baca Juga  Ardi Idrus dan Barisan Pemain Persib yang Layak Dijajal Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Astuti berharap jika Anggota Kodim serta anggota Koramil bacan bisa ikut menyampaikan bahaya rokok dan ikut mensosialisasikan New Normal, tetapi tetap memakai masker.

“Hasil penelitian ilmuan bahwa Masker Scuba yang sekarang banyak dipakai oleh Orang-orang sangat lah tidak aman dikarenakan tipis dan bisa membelah droplet udara yang kita hembuskan menjadi partikel yang lebih kecil, efektivitas dari penggunaan masker Scuba tidak efektif, karena hanya menyaring udara dari mulai 0% sampai 5% saja,” harapnya.

Saat new normal yang sekarang dilaksanakan oleh Halmahera Selatan, kita tetap pakai masker, menjaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan itu lebih baik, ” kata Astuti, S.Km yang bertindak sebagai ketua tim dan narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Baca Juga  JJ bantah Banteng Maluku pecah

Sementara Pasiter 1509/Labuha Kapten Inf Aga Galela, merasa bersyukur atas kegiatan yang sudah di lakukan tim kesehatan Puskesmas Gandasuli.

“Kita jangan meremehkan dan jangan lengah terhadap bahaya Covid 19. Ingat kita masih berperang melawan Covid-19 tetap ingatkan sanak keluarga, dan lingkungan serta tempat dimana kita berada,” ujur Kapten Inf Aga Galela.

Diakhir kegiatan sosialisasi kawasan tanpa rokok itu, tim kesehatan dari Puskesmas Gandasuli memberikan pemeriksaan kesehatan gratis terhadap anggota kodim dan Koramil yang telah hadir, pemeriksaan kesehatan gratis meliputi, tensi darah, pemeriksaan Kolesterol, Asam urat, serta gula darah. (adhy)