Satroni rumah kosong, 2 warga dibekuk Timsus Tarsius

oleh -48 views
Link Banner

@Porostimur.com | Bitung : Tim khusus (Timsus) Tarsius Polres Bitung akhirnya berhasil membekuk 2 orang warga spesialis pencurian rumah kosong, di kediamannya masing-masing, Rabu (3/7).

Kedua pelaku ini berinisial GM alias Gustin (42) warga Kelurahan Wangurer Barat dan IM alias Cili (37) warga Kelurahan Girian Indah.

Saat penangkapan, salah satu di antaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena merupakan mantan residivis kasus yang sama dan penganiayaan senjata tajam pada tahun 1999 silam.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, hal ini dibenarkan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat. Reskrim) Polres Bitung, AKP Edy Kusniadi,SH.

Sesuai pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) yang dilakukan pihaknya, akunya, keduanya merupakan pentolan dalam hal menyatroni rumah kosong di wilayah Kecamatan Girian.

Baca Juga  Pemkot Ternate Larang Pesta Kembang Api & Konvoi di Malam Tahun Baru

Menuruntnya, kedua pelaku menargetkan rumah yang berada dalam keadaan kosong atau yang ditinggal sementara pemiliknya.

Dalam menjalankan aksinya, jelasnya, keduanya kerap membobol masuk lewat pintu belakang dan menggasak barang-barang elektronik di dalam rumah kosong dimaksud.

Agar aksinya ini tidak diketahui sama sekali masyarakat setempat, keduanya sengaja menjual cepat hasil curiannya harga bervariasi.

”Pelaku pencurian yang selama ini meresahkan masyarakat sudah kami amankan dan saat ini sementara menjalani pemeriksaan,” ujarnya.

Dari tangan kedua tersangka, tambahnya, barang bukti (BB) yang berhasil diamankan berupa

2 buah speaker, 2 buah tabung gas LPG 12 kg, 1 buah mesin las, 1 buah mesin dap air, 1 buah mesin gerinda, 1 buah ampflier dan 1 buah mesin bor.

Baca Juga  Kakek 70 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Waebini

”Untuk memberikan efek jera, Gustin dan Cili dijerat dengan Pasal 363 KUHP jo dan Pasal 55 KUHP, ancaman penjara kurang lebih 7 tahun,” pungkasnya. (dan)