Selalu Gagal Lawan Wakil Asia, Ini Fakta Menarik di Balik Kekalahan Jerman dari Jepang di Piala Dunia 2022

oleh -16 views

Porostimur.com, Doha – Wakil Asia kembali membuat kejutan di gelaran Piala Dunia 2022. Setelah sebelumnya Arab Saudi sukses membungkam tim favorit juara Argentina dengan skor 2-1, kini giliran Jepang yang membuat para pecinta bola dunia terhenyak.

Melakoni laga perdana melawan tim kuat Jerman, di luar dugaan, The Blue Samurai berhasil mempecundangi sang lawan, meski sempat tertinggal terlebih dahulu. Menit ke 33, Ilkay Gundogan berhasil menjebol gawang Jepang melalui tendangan penalti, namun Ritsu Doan dan Takuma Asano berhasil membalikkan keadaan dengan sumbangan gol mereka pada menit ke 75 dan 83.

Seiring dengan kekalahan Jerman, ternyata tersimpan beberapa fakta menarik yang menyertainya lho. Ingin tahu, fakta apa saja yang menyertai? Kita bahas bersama yuk dalam artikel kali ini!

1. Jerman Selalu Gagal Menang Lawan Wakil Asia di 2 Edisi Terakhir

Laga Jerman vs Jepang (dok. fifa.com)
Laga Jerman vs Jepang (fifa.com)

Fakta pertama adalah rekor buruk Jerman yang selalu gagal menang melawan wakil Asia di gelaran Piala Dunia dalam dua edisi terakhir. Sebelum dihantam oleh Jepang dengan skor 1-2, Jerman juga merasakan pahitnya kekalahan ketika bersua dengan Korea Selatan pada Piala Dunia edisi 2018 di Rusia.

Memainkan laga terakhir grup F, Jerman yang menargetkan kemenangan justru harus terhenyak setelah anak asuh coach Shin Tae Yong berhasil membalikkan prediksi lewat dua gol yang disumbangkan oleh Kim Young Gwon dan Son Heung Min.

2. Jerman Selalu Kalah di Laga Pembuka 2 Edisi Terakhir

Momen Takuma Asano cetak gol ke gawang Jerman (dok. fifa.com)
Momen Takuma Asano cetak gol ke gawang Jerman (fifa.com)

Fakta kedua mengenai kekalahan Jerman atas Jepang di gelaran Piala Dunia 2022 ini adalah, Jerman selalu gagal menang dalam di laga perdana yang mereka jalankan dalam dua edisi terakhir Piala Dunia.

Sama halnya dengan edisi kali ini, Jerman di Piala Dunia 2018 lalu juga menelan kekalahan dari Meksiko pada laga pertama grup F. Gol tunggal Rodrigo Lozano pada menit ke 35, membuat Jerman saat itu harus merana, setelah kalah tipis dengan skor 0-1 pada akhir pertandingan.

3. Bayang-bayang Kegagalan Edisi 2018 Kembali Muncul

Pertandingan Jepang vs Jerman (dok. flashscore.com)
Pertandingan Jepang vs Jerman (flashscore.com)

Pasca menelan kekalahan di laga melawan Jepang, bayang-bayang kegagalan di edisi 2018 pun mulai muncul kembali. Selain membuka turnamen dengan hasil yang identik, yakni kekalahan seperti halnya edisi sebelumnya, komposisi penghuni grup E gelaran kali ini pun identik dengan grup F di edisi 2018.

Saat ini, penghuni grup E adalah Jerman dan Spanyol wakil dari Eropa, Kosta Rika wakil dari Amerika Utara-Tengah (Concacaf), dan Jepang wakil dari Asia.

Sementara grup F edisi 2018, dihuni oleh Jerman dan Swedia dari zona Eropa, Meksiko wakil dari Amerika Utara-Tengah (Concacaf) dan Korea Selatan dari zona Asia. Maka, tak mengherankan bukan jika ketakutan itu kembali muncul?

4. Jerman Menang Segalanya, Kecuali Skor

Pertandingan Jerman vs Jepang (dok. flashscore.com)
Pertandingan Jerman vs Jepang (flashscore.com)

Selain menang dalam hal materi pemain, sejatinya Jerman secara statistik mampu memenangi segala hal dalam pertandingan kontra Jepang. Disadur dari laman fifa.com, Jerman yang langsung menurunkan kekuatan terbaiknya, berhasil unggul dalam penguasaan permainan, hingga mencapai 78% penguasaan bola berbanding 22% milik Jepang.

Pun demikian halnya dengan percobaan tendangan ke gawang, Jerman mencatatkan 25 kali tendangan berbanding 10 kali milik Jepang.

Untuk umpan terdistribusi, Jerman berhasil mencatat 820 umpan, dibandingkan dengan 261 milik Jepang. Namun, semua itu seolah tak berguna, karena pada akhirnya Jerman hanya mampu mencetak satu gol, berbanding 2 milik Jepang.

5. Lawan Spanyol Menjadi Laga Hidup-Mati

Pemain Spanyol berselebrasi merayakan gol yang mereka cetak ke gawang Kosta Rika (dok. flashscore.com)
Pemain Spanyol berselebrasi merayakan gol yang mereka cetak ke gawang Kosta Rika (flashscore.com)

Selepas menghadapi Jepang di laga perdana, Jerman dijadwalkan untuk melakoni laga kedua melawan Spanyol pada 28 November 2022 mendatang. Ironisnya, laga ini akan menjadi laga hidup-mati bagi Jerman agar bisa terus eksis di gelaran kali ini.

Jika Jerman hanya mampu meraih hasil imbang, ataupun menelan kekalahan, peluang untuk melaju ke babak selanjutnya menjadi semakin menipis. Sebab di pertandingan lain, Jepang akan berhadapan dengan Kosta Rika, sehingga jika Jepang menang dari sang lawan, mereka akan mengumpulkan 6 poin, dan relatif aman untuk maju ke babak selanjutnya. Sementara jika Jerman hanya imbang atau bahkan kalah, perjalanan mereka ke babak gugur akan semakin sulit untuk direalisasikan.

Nah, itulah 5 fakta menarik di balik kekalahan Jerman dari Jepang. Bagaimana menurut teman-teman?

(red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.