Tahapary Berbagi Hewan Kurban Bagi Warga Jazirah Leihitu-Salahutu

oleh -110 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Mengakrabkan dan mengikat tali silaturahmi antar sesama, menjadi sebuah keharusan bagi warga di Maluku, khususnya yang berdomisili di wilayah pulau-pulau Lease.

Pasalnya, sikap ini merupakan ikrar yang diterapkan para leluhur dan masih terus dijaga dan diterapkan hingga saat ini.

Bentuk riil dari membina dan memupuk tali silaturahmi dan persaudaraan ini, diwujudnyatakan melalui pembagian hewan kurban dari warga Negeri Akoon, Kecamatan Nusalaut, kepada warga negeri pela (ikatan persaudaraan) yang berada di jazirah Leihitu-Saluhutu.

Link Banner

Hal ini pula yang diterapkan salah satu kader PDI-P Provinsi Maluku, Ferly Tahapary,SH, selang 2 hari terakhir.

Dalam keterangannya kepada @Porostimur.com, Rabu (22/8), Tahapary menegaskan pemberian bantuan hewan kurban berupa sapi ini, merupakan bentuk kepedulian dan kekeluargaan terhadap sesama umat yang merayakan Hari Raya Idul Adha 1439 H tahun 2018.

Sehari sebelumnya, akunya, dirinya sudah memberikan bantuan secara simbolis kepada di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Malteng.

Baca Juga  BELAIN Dukung Langkah Menlu ASEAN Perangi Terorisme Maritim

Dalam meneruskan tradisi budaya pela gandong ini, dirinya membagikan bantuan hewan kurban kepada warga yangberdomisili di negri gandong seperti Negeri Wakal, Tengah-Tengah, Tulehu, Tial, Hitu, Negeri Lima.

Bukan itu saja, jelasnya, bantuan ini juga diberikan kepada negeri-negeri lainnya yang bukan merupakan gandong dari negeri asalnya Akoon, yang berada di jazirah Leihitu-Salahutu Kabupaten Malteng.

”Ini kebersamaan hidup saudara bersaudara asal Maluku kerukunan antar sesama umat beragama dirasakan sangatlah penting. Saya sebagai Kader PDIP Provinsi Maluku mengucapkan selama merayakan Hari Raya Idul Adha kepada semua basudaraku sekalian. Dan dengan semangat Idul Adha 1439 H ini kami selaku umat, khusus anak Maluku, lebih semangat dalam melakukan aktifitas sehari-hari, tetap  hidup damai, saling menghargai sesama umat yang ada di Maluku, lebih khusus lagi basudara yang ada di Jazirah Salahutu-Leihitu Kabupaten Malteng,” ujarnya.

Baca Juga  Merasa Dirugikan Tindakan Kasat Pol-PP Mahasiswa Bacan Barat Bakal Tindaklanjuti Sesuai Aturan yang Berlaku

Membina tali silaturahmi dan persaudaraan, berikut pula memberikan kepedulian kepada sesama, tegasnya, sejalan dengan visi-misi yang diusungnya yakni ”Menjadikan masyarakat Maluku yang adil, mandiri, bermartabat dan sejahtera”.

Selain memberikan bantuan berupa hewan kurban, terangnya, dirinya juga sempat memasang spanduk ucapan Selamat Idul adha 1439 H di seluruh desa yang ada di Jazirah Leihitu.

Menurutnmya, langkah ini merupakan salah satu ungkapan rasa syukur bahwa Allah telah memberikan kesempatan bagi umat yang percaya untuk dapat  merayakan Idul Adha dimaksud.

”Hidup orang bersaudara di bumi Maluku terus dijaga dan dilestarikan dengan mengedepankan nilai-nilai luhur pela gandong untuk tetap bersama membangun Maluku yang lebih baik dan menjaga situasi kamtibmas ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (keket)