Tampung Aspirasi, Pasangan Calon No Urut 2 Targetkan Rumah Aspirasi Rakyat

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Rumah Aspirasi bakal hadir di pemerintahan Usman-Bassam jika terpilh pada 9 Desember mendatang. Rumah Aspirasi ini, dibangun untuk menampung secara kolektif aspirasi masyarakat Halmahera Selatan agar mudah dijawab DPRD dan pemerintah daerah nantinya.

Program Rumah Aspirasi tersebut masuk dalam visi dan misi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba dan disampaikan saat berkampanye di Zona I Kecamatan Mandioli Selatan dan Mandioli Utara, sejak Jumat (23/10/2020) kemarin.

Ide dan gagasan Usman-Bassam tersebut tertuang dalam visi dan misi terkait Rumah Aspirasi karena adanya dukungan sembilan partai politik yang tergabung koalisi besar Usman-Bassam pada Pilkada kali ini, sehingga pemerintah dan DPRD Halsel sama-sama dapat menjalankan fungsinya dan menyerap aspirasi dan laporan masyarakat untuk ditindak lanjuti pemerintah.

Dalam orasinya, Cabup H.Usman Sidik mengatakan, kontribusi dari masyarakat sangat diperlukan untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan, apalagi dalam hal memerangi praktek tindak KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Link Banner

“Ini harus menjadi nawaitu yang betul – betul kita tanamkan. Bukan hanya sekedar janji dan ucapan saja, tapi betul-betul telusuri baik di bidang pemerintahan, layanan publik dan lain-lain sehingga hasilnya maksimal kepada masyarakat,” paparnya.

Baca Juga  Kapolres Buru Lakukan Koordinasi Dengan Ketua Bawaslu Buru Selatan

Usman Sidik meyakini melalui rumah aspirasi yang didukung dengan sembilan parpol pengusung dan masyarakat dapat diharapkan mengawasi dan mengontrol jalannya pemerintahan.

“Tentunya masyarakat juga bisa langsung memberikan masukan kepada pemerintah. Inilah kunci dari bagaimana kita memerangi korupsi dengan adanya transparansi dan perihal – perihal preventive sehingga kita betul – betul bisa mengawasi jalannya roda Pemerintahan,” harap Usman.

Ditambahkannya, disamping adanya Rumah Aspirasi ini, pihaknya juga akan tetap membuka ruang kepada masyarakat untuk melaporkan secara online maupun offline.

“Nantinya setelah masyarakat menyampaikan laporan akan tindak lanjuti secara teknis kepada OPD terkait setelah ditindak lanjuti nanti akan kita sampaikan informasi bagaimana terhadap laporan yang di berikan oleh masyarakat tersebut,” pungkas H.Usman Sidik yang juga mantan jurnalis/wartawan RCTI itu.

Baca Juga  Proyek Blok Masela Butuh Lahan Luas, Kejelasan Tanah Dipertanyakan

Sementara, Ikdam Hasim Sekretaris DPD PAN Halsel dalam orasi politiknya di Kecamatan Mandioli menjelaskan, Rumah Aspirasi ini merupakan sekretariat bersama yang didalamnya terdiri dari beberapa unit – unit kegiatan antara lain seperti pungli, gratifikasi, KKN dan lain-lain.

“Untuk layanan yang akan diberikan berupa pelayanan terhadap ketidak puasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Jadi nanti kalau masyarakat melihat ada yang menurutnya tidak pas pada tempatnya atau menemukan adanya tindak pidana KKN dapat melaporkan ke rumah aspirasi ini, “tambahnya.

Ikdam juga menjelaskan, Usman-Bassam didukung sembilan parpol ini karena meninginkan Pemerintahan Halsel adalah Pemerintahan kuat dan mandiri dan melahirkan pemimpin yang memiliki gagasan baru dan ide-ide yang cemerlang,” cetusnya.

Baca Juga  Keren, 6 Pahlawan Indonesia Ini Jadi Nama Jalan di Luar Negeri!

Terkait Rumah Aspirasi juga diapresiasi Anggota DPRD dari Partai PDI-P Halsel Beniyamin Daud mangatakan, tidak akan sia-sia, rumah aspirasi ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan juga anggoota dewan, saya yakin akan jalan. Di situ letak tanggungjawab anggota dalam memanfaatkan ruang aspirasi tersebut,” tukasnya.

“Dengan adanya rumah aspirasi, anggota dewan dapat lebih intens menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Saya yakin, rumah aspirasi ini justru akan membuat anggota dewan kerepotan sebab akan banyak aduan dari masyarakat, sebab rumah aspirasi ini kontrol masyarakat bukan hanya pada kinerja Pemerintahan akan tetapi juga kinerja DPRD,” tutupnya.(red/adhy)