Target Maluku Utara Bersih 2021, Inspektorat Genjot Pengembalian Temuan BPK

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Inspektorat Maluku Utara terus berupaya menyelesaikan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di sejumlah SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Malut yang belum dikembalikan.

Tindaklanjut temuan BPK yang dilaksanakan Inspektorat Malut sejak Januari sampai Februari 2021, tercatat sebagian SKPD di lingkup Pemprov Malut yang telah menyetorkan temuan tersebut ke kas daerah dengan nilai Rp. 3.868.225.309.

Selain itu, temuan bersifat administrasi juga sebagian telah dikembalikan. “Untuk temuan administrasi, sudah dikembalikan sekitar 400 juta sekian,” jelas Kepala Inspektorat Malut, Nirwan M.T Ali, saat ditemui wartawan, Selasa (9/3).

Bahkan, lanjut Nirwan, SKPD yang menjadi temuan BPK sudah berkomitmen untuk mengembalikan temuan tersebut secara perlahan. Ini dibuktikan dengan Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak (SKTJM) yang menjaminkan aset pribadi berupa sertifikat tanah, bangunan, dan kendaraan maupun surat berharga lainnya.

Link Banner

Jaminan yang diserahkan ke Inspektorat itu berupa sertifikat tanah dan rumah sebanyak 4 buah, BPKB mobil sebanyak 9 buah, satu buah BPKB motor, dan satu buah SK PNS. Jaminan tersebut diserahkan berdasarkan angka temuannya.

Baca Juga  Kapolres Halsel dan Ketua Bhayangkari Cab. Halsel Hadiri Syukuran Hari Jadi Polwan Yang Ke - 72

“Tindaklanjut temuan BPK ini akan berlanjut terus, dan ini baru tahap pertama. Berikutnya akan ada tahap kedua di bulan April nanti,” terang mantan Kepala Dinas PTSP Malut itu.

Ini dilakukan, kata dia, demi mewujudkan Maluku Utara bersih dari temuan BPK. Meski belum sepenuhnya temuan itu dikembalikan SKPD, dirinya optimis di akhir tahun 2021 nanti sudah terbebas dari temuan. “Target kita Desember 2021 Maluku Utara bersih dari temuan,” pungkasnya. (red/pena)