Tim Saber Pungli Kabupaten Pulau Morotai Komit Berantas Pungli

oleh -83 views
Link Banner

Porostimur.com | Morotai: Dalam rangka meminimaliris terjadinya pungutan liar (Pungli) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Tim Saber Pungli terus berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai.

Hal itu disampaikan Wakapolres Pulau Morotai, Kompol. dr. Dedi Wijayanto sebagai Ketua Tim Siber Pungli di ruang kerjanya, Kamis, (12/09/2019).

Dedi mengatakan pihaknya baru sekali melakukan sosialisasi di Kecamatan Morotai Selatan dan baru difokuskan kepada aparat desa yaitu seluruh kades dan perangkat desa se-Kabupaten Pulau Morotai sebagai ujung tombak pelayanan publik.

“Sosialisasi akan terus dilaksanakan tiap bulan hingga di lima kecamatan di Pulau Morotai dan rencananya pada tanggal 17 September kami akan gelar sosialisasi di Kecamatan Morotai Selatan Barat,” ujarnya.

“Saat ini kami dalam tahapan memantau dan sosialisasi dulu untuk memberikan peringatan agar tidak ada pungli kalaupun ada laporan atau temuan langsung maka akan diproses juga,” sambung Dedi.

Baca Juga  Kadivpas Kumham Malut Adakan Simulasi Evakuasi Korban Kebakaran di Lapas Jailolo

Ia menambahkan, untuk sementara ini baru disosialisasi ke tingkat desa karena targetnya pada pelayan publik dan desa sebagai pelayan publik dasar yang terdepan. Dan nantinya akan bertahap di laksanakan hingga ke dinas-dinas terkait sebagai pelayan publik.

“Sedangkan untuk sanksinya kami akan tindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku dan tidak memandang bulu entah itu masyarakat Sipil, TNI, maupun Polri karena itu pungutan liar yang penggunaan pungutannya tidak jelas,” imbuhnya.

Dedi berharap semoga tidak ada lagi pungutan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kalau pun ada harus memiliki kejelasan hukum sehingga itu masuk ke kas kegara atau daerah sebagai sumber pendapatan. (vonny)