Tim SAR Selamatkan Lima Korban Kecelakaan Kapal di Perairan Obi Halmahera Selatan

oleh -318 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate berhasil menyelamatkan lima korban kecelakaan kapal di perairan Pulau Gala dan Tobalai Obi, Halmahera Selatan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate Muhammad Arafah di Ternate, Minggu, mengatakan bahwa korban kecelakaan kapal ditemukan dalam keadaan selamat pada pukul 10.40 WIT.

Menurut dia, kelima korban sudah dibawa ke Desa Gala. Petugas sudah mengecek kondisi korban. Tiga orang di antaranya dalam keadaan sehat dan dua orang lainnya dalam keadaan lemah.

Korban kecelakaan kapal yang sudah ditemukan meliputi Eli Ilyas (30), Faldi (18), Diko (18), Kadli (25), dan Maswin (21).

Muhammad Arafah mengatakan bahwa pada Minggu juga ada pengguna dua kapal yang dilaporkan belum kembali setelah dua hari memancing di perairan antara Pulau Gala dan Pulau Tobalai Kecamatan Obi.

Baca Juga  Awali 2019, SMASKris YPKPM Ambon gelar ibadah bersama

Keluarga pengguna kapal dan warga Pulau Gala berusaha mencari mereka menggunakan tiga kapal, namun belum berhasil menemukan Firman (19 tahun) dan Ladula (21 tahun).

Arafah memastikan, kelima korban telah tiba di Desa Gala dalam keadaan selamat. Kondisi dua orang dalam keadaan lemas dan tiga orang lainnya dalam keadaan sehat.

“Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat, maka operasi SAR ditutup dengan ucapan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat,” pungkasnya.

Sebelumnya, 5 nelayan ini pergi melaut di perairan Desa Gala dan Tobalai. Saat akan kembali ke pulau, longboat mereka dihantam gelombang dan terbalik.

Kelima korban tersebut adalah Eli Ilyas (30 tahun), Faldi (18 tahun), Diko (18 tahun), Kadli (25 tahun), dan Maswin (21 tahun).

Baca Juga  Kepala Kampung Siwang Beri Bingkisan Natal Kepada Janda dan Anak Yatim

Sementara, pihak yang terlibat dalam pencarian tersebut adalah KN SAR 237 Pandudewanata, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan, Pos AL Bacan, warga dari Pulau Gala, Pulau Tobalai, dan Desa Tawabi.