Tokoh Agama Apresiasi Gerakan Cinta Zakat ASN Pemkot Ambon

oleh -15 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Gerakan Cinta Zakat ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, yang dicanangkan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mendapat apresiasi tokoh agama Islam.

Wakil Ketua Bidang Program dan Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Maluku, Ustad Arsal Tuasikal mengatakan, Walikota Ambon layak menerima penghargaan dan ucapan terima kasih dari Baznas Provinsi Maluku, sebagai kepala daerah pertama di Maluku yang mencanangkan wajib zakat bagi ASN dalam gerakan tersebut.

“Kepala daerah Muslim di Maluku ini belum ada yang lakukan gerakan ini. Justru Pak Richard Louhenapessy yang meluncurkan gerakan ini,” kata Tuasikal di sela – sela peresmian Gedung Sekretariat Baznas dan FKUB Kota Ambon, Jumat (5/11/2021) di Waihaong, Kecamatan Nusaniwe.

Baca Juga  Warga Fokalik Tewas Diduga Ditabrak Mobil Oknum Anggota TNI AD

Sebagai bentuk apresiasi, Baznas Maluku memberikan piagam penghargaan kepada Walikota Ambon, sembari berharap langkah Walikota Ambon tersebut akan diikuti oleh kepala daerah lainnya di Maluku, terutama yang beragama Muslim.

“Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan, dikutip semua, agar bisa menjadi cambuk bagi kepala daerah lainnya yang muslim, kemudian bisa  koordinasi dengan Baznas didaerahnya,” ungkap Tuasikal.

Apresiasi lainnya yang patut diberikan kepada Walikota, menurut Tuasikal, adalah pembangunan dan peresmian Gedung sekretariat Baznas dan FKUP, dimana Ambon adalah satu-satunya daerah di Maluku yang memiliki kantor Baznas representatif.

“Kota Ambon juga jadi satu-satunya daerah yang memiliki gedung Baznas yang repesetantif. Dan yang istimewa, Gedung ini dibangun oleh Pemkot Ambon, lewat APBD” jelas Tuasikal.

Baca Juga  Implementasi SRIKANDI, ANRI Gelar Monitoring dan Evaluasi E-Arsip

Terkait gerakan Cinta Zakat, Walikota Ambon berharap dapat direalisasikan pada Januari 2022 lewat Bagian Kesra Sekretariat Kota Ambon.

“Nantinya akan disiapkan, apakah perlu dengan SK Walikota atau dengan Edaran, sehingga ASN Pemkot Ambon yang beragama wajib memberikan zakat,” tandasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.