Warning! Ini Bahaya Pemakaian Tali Strap Masker yang Kini Sedang Ngetrend

oleh -138 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Baru-baru ini, pemakaian tali masker menjadi trend di kalangan masyarakat. Bahkan di beberapa e-commerce banyak sekali penjualan tali masker dengan beragam model dan juga hiasan. Tak hanya dimanfaatkan secara fungsional, tapi juga fungsi estetis dalam penampilan.

Secara fungsional, tali masker ini digunakan agar seseorang tidak lupa membawa masker dan bisa menggantungkan masker saat sedang makan atau minum. Meski berguna, ternyata tali masker ini bisa berbahaya untuk kesehatan. Berikut 5 bahaya pemakaian tali masker yang kini sedang nge-trend:

Bagian Dalam Masker Terpapar Virus

Tali masker
Tali masker/pinterest.com

Pemakaian tali masker ternyata rentan membuat masker bagian dalam terpapar virus dari barang-barang lain. Saat masker dicopot, maka bagian dalam masker bisa menempel ke hijab, baju atau pakaian yang sedang dikenakan. Kalaupun masker dalam kondisi terlipat, jari-jari kita juga bisa terkontaminasi virus saat hendak memasang dan melepas masker.

Baca Juga  Angkut BBM 6 ton, KM Hikmah terbakar di Laut Hila

“Kalau kita turunkan pakai pengait itu sampai ke bawah, itu akan kena ke hijab, ke baju. Jadi sebenarnya bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain kecuali dengan bagian tubuh,” kata Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting, SpP (K) dalam konferensi pers BNPB yang diadakan beberapa waktu lalu.

Link Banner

Permukaan Tali Masker Terkena Virus

Tali masker
Tali masker/pinterest.com

Karena trend pemakaian tali masker, muncul semakin banyak tali masker dengan beragam aksesoris. Semakin banyak aksesoris dalam tali masker bisa meningkatkan potensi paparan virus. Hal ini tentu bisa mengontaminasi jari-jari dan juga bagian dalam masker yang berhubungan langsung dengan area hidung dan mulut.

Malas Mengganti Masker

Tali masker
Tali masker/pinterest.com

Selain itu, tali masker juga membuat kamu menjadi malas dan enggan mengganti masker dalam jangka waktu yang lama. Karena pemasangannya yang agak ribet, jadi kamu menggunakan masker lebih lama, bahkan bisa seharian.

Baca Juga  Usai Rakor Penanganan Corona, Danlantamal VIII dan Forkopimda Pantau Kesiapan Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung

Padahal idealnya, pemakaian masker tidak lebih dari 8 jam. Bahkan jika masker sudah terasa basah, kamu perlu menggantinya dengan yang baru agar tetap bersih dan nyaman saat digunakan.

Risiko Terpapar Virus Meningkat

Tali masker
Tali masker/pinterest.com

Dengan adanya berbagai potensi menempelnya virus di tali masker, bagian dalam masker, dan lainnya, maka akan meningkatkan paparan virus. Tentu saja hal ini bisa berpengaruh signifikan terhadap paparan virus ke tubuh.

Itulah 4 bahaya pemakaian tali masker yang sedang trend saat ini. Untuk menghindari bahaya tersebut, kamu bisa menyimpan masker di wadah kosong dan bersih saat tidak digunakan.

Dan sebaiknya jangan mudah lepas-pasang masker, jika tidak sedang makan dan minum. Kamu juga perlu membawa beberapa masker saat berpergian, agar bisa menggantinya secara berkala.

Baca Juga  Kadis Kesehatan Kota Ambon: Rapid Test Terhadap Warga Silale Akan Tetap Dilakukan

(red/beautynesia)