Yuk, Bijak Bersosial Media dengan Memperhatikan 4 Etika Medsos Ini

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Zaman sekarang sudah banyak sekali orang yang membuat akun sosial media, entah itu untuk menambah pertemanan baru, menambah pengetahuan tentang informasi terkini, untuk mengembangkan bisnis, mencari pekerjaan dan masih banyak lainnya.

Saking dekatnya dengan smartphone dan medsos, setiap sebelum dan sesudah bangun tidur seseorang pasti akan mengecek akun sosial medianya. Namun, di balik keunggulan sosial media, tentunya akan ada suatu hal yang bisa mengancam diri seseorang, lho!

Bisa saja seseorang mendapatkan teror, bullyan atau komentar negatif lainnya yang dapat membuat mental seseorang memburuk, bahkan memilih jalan untuk mengakhiri hidup. Jangan sampai kejadian tersebut mengakibatkan banyak korban. Bahkan dirimu bisa menjadi korban selanjutnya akibat menerima komentar-komentar negatif dari orang lain yang bisa membuat dirimu semakin down. Nah, supaya kamu siap dan tangguh menghadapinya, kamu juga bisa bijak bersosial media dengan memperhatikan 4 etika medsos berikut ini!
 

Jangan Mudah Terpancing Emosi

Foto: https://www.freepik.com/

Jika postingan tersebut membawa pengaruh negatif, maka jangan mudah untuk terpancing emosi. Membela diri itu memang sah-sah saja, tetapi kamu juga harus pandai melihat situasinya. Sebaiknya kamu juga bisa menahan emosimu dan menghindari suatu perdebatan yang enggak bisa menambah wawasan intelektualmu. Jika kebanyakan orang-orang yang berkomentar negatif, maka sudah dipastikan bahwa mereka pun tidak bisa berpikir terbuka.

Sebaiknya jangan ikut-ikutan untuk bertindak negatif, apalagi memberikan komentar negatif di postingan orang lain. Jelas saja kamu sudah memberikan suasana tidak nyaman bahkan spam di akun medsos orang lain. Daripada memberikan komentar negatif, alangkah lebih baik kamu bisa memberikan opini seperlunya saja. Namun jika hal tersebut dirasa kurang baik, maka sebaiknya tahan saja jari-jari cantikmu supaya terhindar dari komentar-komentar negatif yang akan memperburuk keadaan, bahkan menimbulkan perdebatan yang tidak baik.
 

Link Banner

Self Control

Foto: https://www.freepik.com/

Baca Juga  Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kota Ambon, Kamis 29 April 2021

Memiliki self control itu penting banget! Karena perilaku tersebut akan membuatmu waspada serta enggak mudah dipengaruhi oleh perasaan yang akan membuat pikiran dan dirimu jadi kurang akan kendali. Dengan begitu, kamu pun akan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak serta menahan pikiran dan hatimu untuk memilah-milah mana yang sebaiknya harus dilakukan ataupun tidak. Jika kamu memiliki self control yang baik, tentunya kamu pun enggak akan mudah terpengaruh akan hal-hal negatif dari orang-orang yang bisa saja merayumu bahkan di sosial media sekalipun.
 

Jangan Mengunggah Karya Orang Lain

Foto: https://www.freepik.com/

Terkadang akan ada saja foto, gambar-gambar bahkan kutipan atau quotes menarik yang tersebar di sosial media. Dengan begitu, kita juga tertarik untuk mengunggahnya ke platform sosmed pribadi kita. Akan tetapi, hal ini bisa saja melanggar hak cipta atau plagiarism, apalagi jika kita asal comot dan tanpa meminta izin dari orang tersebut.

Maka dari itu, tetaplah untuk memberikan sumber asal dari karya tersebut agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan serta memberi apresiasi karya dari orang tersebut. Karena tidak semua orang bisa menerima jika karyanya diunggah tanpa seizin orang lain, bahkan diakui sebagai milik sendiri. Tetap hargai karya mereka ya?
 

Baca Juga  Persipura Jayapura, Raksasa yang Terbangun dan Lupa Caranya Kalah

Jangan Menyinggung SARA dalam Sosial Media

Foto: https://www.freepik.com/

Niatnya sih hanya ingin bercandaan, namun jangan sampai mengumbar candaan yang berbau SARA di akun sosial mediamu, ya? Hal ini tentunya merupakan hal yang sangat melanggar ketertiban dan kedamaian dalam bermasyarakat. Ingat! Nggak semua orang bisa menerima candaan yang berbau SARA, hal itu tentunya sangat bertentangan dengan etika kehidupan dan bermasyarakat.

Bisa-bisa kamu berurusan dengan pihak berwajib, bahkan kamu mendapat sanksi sosial yang akan membuatmu malu dan jera. Nggak mau dong, video minta maaf dan menangismu viral di sosial media? Maka dari itu, berpikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak, jadilah seseorang yang open minded dan tetap menghargai hak-hak orang lain.

Baca Juga  Pemprov Maluku Targetkan Pembebasan Lahan Pelabuhan Terintegrasi Tuntas Mei 2021

(red/beautynesia)