11 Contoh Mahar Simple Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

oleh -19 views

Porostimur.com, Ambon – Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum hari pernikahan. Mulai dari persiapan acara, dekorasi, sampai baju pernikahan. Di antara banyaknya persiapan tersebut, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni mahar pernikahan. 

Mahar pernikahan merupakan pemberian dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan berupa barang berharga. Biasanya, barang tersebut berupa emas atau uang dengan nominal tertentu. 

Lantaran sifatnya yang sakral, mahar biasanya dihias sedemikian rupa sehingga bisa berkesan untuk calon pasangan. Namun, menghias mahar juga tidak harus selalu mewah. Kamu bisa membuat mahar yang simpel dan elegan untuk calon pasanganmu. 

Nah, berikut ini adalah contoh mahar simpel elegan yang bisa kamu jadikan referensi. Simak ulasannya, ya:

1. Mahar emas dengan dekorasi bunga simpel dan kotak kaca

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Contoh mahar simpel elegan pertama ini adalah mahar berupa emas dengan dekorasi yang simpel. Mulanya, emas yang akan kamu berikan ditempelkan ke dalam pola kayu berwarna putih.

Lalu, hias pinggiran emas dengan sedikit bunga-bunga dan daun buatan. Kalau sudah menempel dan membentuk pola yang kamu inginkan, kemas dengan kotak kaca yang transparan. 

2. Mahar uang dengan dekorasi rustic kayu dan bunga-bunga

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Tema pernikahan rustic yang kini banyak digemari membuat dekorasi mahar dengan tema yang sama menjadi populer. Seperti gambar di atas, kamu bisa memakai pigura kayu yang berwarna cokelat untuk membingkai mahar uang di dalamya.

Uang tersebut bisa kamu lipat menjadi kecil-kecil lalu diletakkan di atas hiasan bunga. Jangan lupa untuk melengkapi mahar dengan nama kedua mempelai dan tanggal pernikahan kamu. 

Baca Juga  Baju Andin Ikatan Cinta yang Diperankan Amanda Manopo

3. Mahar uang dengan dekorasi lingkaran kaca dihiasi bunga-bunga

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Supaya tidak bosan dengan model bingkai yang kotak, contoh mahar simpel elegan selanjutnya ini berbentuk lingkaran. Mahar ini berupa uang yang ditata kemudian dihias dengan kayu serta bunga-bunga.

Selain hiasan bunga, kamu juga bisa menambahkan replika wajah kalian berdua supaya lebih menarik. Dengan bingkai yang transparan, mahar ini akan terlihat begitu elegan. 

4. Mahar emas nuansa putih dengan pigura kaca

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Pernikahan di Indonesia sebagian besar memakai tema putih. Warna ini memang digemari karena memiliki makna suci dan bersih. Nah, untuk melengkapinya, kamu juga perlu membuat mahar yang bernuansa putih seperti di atas.

Mahar berisi emas ini cukup simpel karena hanya mengandalkan pigura kaca dan kertas untuk menempel emas. Supaya semakin berkesan, kamu bisa menuliskan kata-kata menyentuh untuk calon pasanganmu di dalamnya. 

5. Mahar uang dengan hiasan bunga dan kain warna cokelat

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Contoh mahar simpel elegan selanjutnya ialah mahar uang dengan hiasan bunga dan kain rami warna cokelat. Mahar itu kemudian dihias dengan nama kedua mempelai dan replika kartu nikah supaya lebih unik.

Di bagian pinggirnya, kamu bisa menambahkan bunga-bunga supaya tidak terlalu sepi. Kalau sudah, bingkai mahar tersebut dengan pigura kaca warna putih yang elegan. 

Baca Juga  Real Count KPU 43% DPD RI Dapil Malut: Natali Lambung Makmurdin Mus-Namto

6. Mahar emas dengan hiasan bunga dan akrilik

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Selain pigura kayu, akrilik bisa menjadi pilihan bingkai yang elegan untuk mahar pernikahan. Seperti contoh di atas, kamu bisa meletakkan mahar emas di atas papan, lengkap dengan nama mempelai serta tanggal pernikahannya.

Lalu, hias sekelilingnya dengan bunga nuansa putih dan pink supaya tampak segar dilihat. Kalau sudah, barulah semuanya diletakkan di tengah akrilik transparan agar lebih memesona. 

7. Mahar uang simpel dihiasi bunga kering

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Memberikan mahar kepada mempelai perempuan sebenarnya tidak harus mewah. Kamu bisa melihat contoh mahar simpel elegan di atas yang begitu sederhana.

Dengan mahar berupa uang, kamu hanya perlu melipatnya menjadi kecil-kecil lalu hias sekelilingnya dengan bunga kering. Kalau sudah, tulis nama kedua mempelai dan tanggal pernikahan sebelum kemudian dikemas dengan pigura. 

8. Mahar uang berbingkai bentuk karakter

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Membuat mahar pernikahan juga mengasah otak supaya bisa kreatif. Salah satu bentuk kreativitasnya adalah dengan membuat mahar berbentuk karakter dua merpati seperti di atas.

Bukan hanya karakter biasa, dua merpati itu melambangkan dua calon mempelai yang sedang disatukan dalam ikatan pernikahan. Mahar ini bisa kamu buat jika jumlah lembaran uang mahar cukup banyak. 

9. Mahar nuansa krem dengan bunga dan bingkai kaca

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Warna selain putih yang bisa memberikan kesan simpel dan elegan adalah warna krem. Kamu bisa memakai warna ini sebagai latar untuk mahar pernikahan. Seperti gambar di atas, kamu bisa meletakkan uang dan emas di atas kertas yang bertuliskan nama, inisial, dan tanggal pernikahan.

Baca Juga  MU dan PSG Bidik Pemain Berdarah Maluku di AC Milan?

Lalu, hiasi beberapa bagian dengan bunga buatan untuk membuatnya semakin menarik. Mahar tersebut kemudian kamu letakkan di dalam pigura berbentuk U terbalik agar berbeda dari pigura biasanya. 

10. Mahar uang bentuk geometris penuh bunga-bunga

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Selain bentuk kotak dan bulat, kamu juga bisa memakai bentuk-bentuk geometris sebagai bingkai mahar pernikahanmu.

Seperti contoh di atas, kamu bisa memakai bentuk segi enam untuk membingkai mahar uang di dalamnya. Supaya lebih menarik, kamu bisa menambahkan hiasan penuh dengan bunga-bunga di sekelilingnya. 

11. Mahar uang simpel nuansa putih dan bening

11 Contoh Mahar Simpel Elegan untuk Pernikahan, Pilih Mana?

Contoh mahar simpel elegan terakhir adalah mahar uang simpel nuansa putih dan bening. Uang yang kamu jadikan mahar bisa disusun berjajar lalu ditempel pada kertas yang sudah di-custom.

Lalu, hiasi dengan bunga-bunga berwarna putih yang membuatnya tampak elegan. Mahar ini cocok untuk menggambarkan nuansa pernikahan yang suci dan bersih.  

Itulah 11 contoh mahar simpel elegan yang bisa kamu jadikan referensi untuk pernikahanmu mendatang. Semoga pasanganmu bisa terkesan dengan mahar yang kamu berikan, ya!

sumber: popbela

No More Posts Available.

No more pages to load.