50 Jurnalis Maluku Utara Lulus UKW

oleh -124 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebanyak 50 orang jurnalis dari berbagai media, akhirnya dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di Maluku Utara yang digelar Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), Sabtu 9 April 2021.

UKW yang difasilitasi Dewan Pers ini sebelumnya ada 97 wartawan yang ikut mendaftar, terdiri dari jenjang Utama 1 wartawan, Madya 8 wartawan, dan Muda 88 wartawan.

Dari 97 wartawan kemudian diseleksi, dan ditetapkan 80 wartawan mengikuti Pra-UKW via zoom. Usai Pra-UKW, panitia menetapkan 54 wartawan yang berhak melanjutkan.

Ketua Panitia UKW Maluku Utara, Dr Wahyudi M Pratopo, usai kegiatan mengatakan, dari 54 wartawan yang teregistrasi, hanya 52 yang berkesempatan mengikuti UKW.

“Jadi yang mengikuti UKW itu sebanyak 52 peserta, 1 peserta digugurkan karena tidak disiplin waktu, 1 peserta tidak kompeten, dan 50 peserta dinyatakan kompeten,” ucap Wahyudi.

Baca Juga  Update Corona 5 April: Kasus 2.273, 198 Meninggal, 164 Sembuh

Wahyudi bilang, pelaksanaan kegiatan ini difasilitasi Dewan Pers sehingga peserta yang ikut tidak dipungut biaya.

“Peserta yang mengikuti UKW ini gratis, bahkan swab antigen saja digratiskan,” ungkapnya.

Terkait informasi politisi yang juga mengikuti UKW, ia mengaku memang ada laporan dan pihaknya telah memanggil peserta tersebut untuk dimintai klarifikasi.

“Kita sudah tangani itu sesuai peraturan Dewan Pers, peserta UKW membuat pernyataan bahwa bukan anggota TNI-Polri, humas pemerintah maupun politisi, peserta harus independen,” paparnya.

Ia menambahkan, yang bersangkutan kini mengakui ingin independen di dunia jurnalistik dan meninggalkan dunia politisi.

“Tetapi yang bersangkutan belum cukup waktu untuk mengikuti UKW, secara administrasi bisa dibatalkan, tetapi putusan akhir ada di Dewan Pers,” jelasnya.

Baca Juga  Gubernur Ajak Elit Maluku Bersatu Bangun Maluku

(red/hp)

No More Posts Available.

No more pages to load.