7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

oleh -192 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebagai negara yang beragam, Indonesia punya banyak tempat menarik yang tak ada habisnya untuk kamu kunjungi.

Mulai dari wisata alam hingga atraksi dan spot budaya, semua tersedia dan menunggu untuk kamu pilih sebagai destinasi wisata.

Salah satunya adalah tempat peribadatan yang seringkali terpengaruh budaya luar maupun lokal.

Untungnya, keberadaannya masih dipertahankan, bangunannya dirawat dengan baik, dan menjadi salah satu daya pikat wisata yang potensial.

Berikut beberapa gereja tercantik di Indonesia yang bisa kamu sambangi saat liburan tiba. Eksotis banget! 

1. Gereja Blenduk, Semarang

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/rez.set

Mungkin karena bentuk gerejanya yang menyerupai dome, gereja tertua di Jawa Tengah ini pun dinamakan ‘blenduk’ yang dalam bahasa Indonesia artinya ‘lengkungan’ atau ‘benjolan’. Lokasinya ada di kawasan Kota Tua Semarang. Dilengkapi dengan dome yang terbuat dari perunggu dan interiornya yang serba putih, gereja ini tampak elegan dan classy.

2. Gereja Katedral Jakarta

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/pejalankakibiasa

Gereja neo-gothic yang terletak di ibukota ini tampak mencolok dengan bangunannya yang megah dan penggunaan batu alam di bagian eksteriornya. Membuat gereja ini tampak earthy dan elegan. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, gereja ini juga memiliki museum yang dibuka untuk umum. 

3. Gereja Palasari, Bali

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/albertusyhoki

Perpaduan budaya dan agama juga bisa dilihat di Gereja Palasari di Bali. Di tengah banyaknya Pura, gereja ini tampak membaur. Gereja ini dibangun di desa dengan populasi warga Katolik. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara Bali tradisional dengan neo-gothic ala Eropa. Tak hanya dari luar, desain interiornya pun mencerminkan perpaduan dua hal tersebut. Uniknya lagi, umat Katolik yang beribadah di sini pun menggunakan pakaian adat Bali, sama dengan saat warga Hindu yang datang ke Pura. 

Baca Juga  Dua Hari Usai Gempa, Tulehu Gelap Gulita

4. Gereja Santo Fransiskus Assisi, Berastagi

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/biigz_wattanai

Wajib berbangga sebab Indonesia ternyata memiliki banyak budaya khas yang menginspirasi bangunan-bangunannya termasuk gereja di Berastagi ini. Terletak di dataran tinggi, Gereja Santo Fransiskus Assisi dipengaruhi oleh budaya Karo yang kental. Dindingnya bahkan dilukis dengan pola dan simbol tribal yang khas. Dipadu dengan simbol-simbol agama. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, gereja ini adalah cagar budaya yang wajib kita pelihara. 

5. Gereja Katolik Kepanjen, Surabaya

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/ig_adityawijaya

Dinding luar gereja ini membuatnya mencolok dibanding beberapa bangunan lain di sekitarnya. Dengan batu bata merah dan jendela lingkaran yang berhias bunga, bangunan ini syarat akan tema neo-gothic-nya. Jendela-jendela lainnya pun dibuat sedemikian rupa sehingga bisa memancarkan warna yang epic saat diterpa sinar matahari dari luar. 

Baca Juga  Pabrik Kelapa Sawit di Kobisonta Ambruk Akibat Gempa Beruntun Sabtu Sore

6. Gereja Pohsarang, Kediri

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/repostjawatimur

Dilihat sekilas, gereja ini tak terlihat seperti gereja biasa. Mirip candi atau rumah adat Jawa. Gereja ini memang mengadopsi gaya arsitektur Jawa dengan elemen yang membumi. Sama seperti gereja-gereja lain, Pohsarang juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen dan ukiran-ukiran yang memiliki simbol tertentu. 

7. Gereja Maria Annai Velangkanni

7 Gereja Tercantik di Indonesia yang Bisa Disambangi Saat Liburan
instagram.com/zonakalakkaro.id

Gereja dengan desain epic lainnya bisa kamu temui di Medan. Tak tanggung-tanggung, gereja ini terdiri dari tujuh lantai sebagai simbolisme bahwa surga bisa menerima banyak orang. Dilihat sepintas, gereja ini tampak seperti kuil atau pagoda, tetapi jika dilihat lebih dekat kamu bisa melihat ornamen-ornamen nasrani seperti salib dan patung kristus. (rtl/red/idntimes)