Akan Kedatangan Kapal Supply, DPRD Maluku Siap Dukung Program Kerja Basarnas

oleh -82 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, Lucky Wattimury mengatakan pihaknya siap mendukung program-program kerja dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau yang dikenal dengan Basarnas.

“Tadi Kepala Basarnas sudah menjelaskan program-program Basarnas kepada kami dan kami sudah memahaminya. Kami pun akan mendukung kegiatan dan kebijakan Basarnas karena mengingat Maluku ini daerah kepulauan yang memiliki luas laut 92,4% dan karena itu peranan Basarnas sangat penting”, ujar Wattimury di Kantor DPRD Maluku, Selasa (13/7/2021).

Wattimury menambahkan, program kerja Basarnas ini akan dikoordinasikan dengan Gubernur Maluku, sehingga rencana ini dapat didukung bersama dan dapat berjalan dengan baik.

Di tempat yang sama, Kepala Basarnas Kota Ambon, Letkol Mustary, mengatakan kedepannya Basarnas Ambon akan kedatangan kapal supply dengan ukuran 70 meter, dimana kapal tersebut sudah dilengkapi dengan helipad, ruang medis dan kapasitas logistik BBM sekitar 500 ton dan air tawar sebanyak 100 ton.

“Jadi pada saat kejadian operasi SAR, kecelakaan kapal, kapal-kapal yang membantu Basarnas itu tidak usah kembali lagi ke dermaga tapi bisa ambil BBM di kapal Basarnas dan ini bisa dijadikan posko operasi SAR”, paparnya.

Baca Juga  Sudah 23 Tahun Reformasi: Rakyat Sengsara Penguasa Berpesta

Mustary juga menuturkan, bahwa kapal supply ini tidak ditempatkan disemua Basarnas. Untuk wilayah timur, kapal tersebut ditempatkan di Provinsi Maluku. Oleh karenanya, Ia sangat bersyukur pemerintah pusat menempatkan kapal supply ukuran besar ini di Provinsi Maluku.

“Mudah-mudahan kedatangan kapal ini bisa berfungsi dan bermanfaat, khususnya pada saat penanganan kecelakaan kapal yang ada di Provinsi Maluku”, harapnya.

Dirinya menambahkan, untuk sementara ini kapal tersebut masih dikerjakan di Batam dan direncanakan pada bulan November kapal supply ini sudah tiba di Ambon. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.