Akhirnya kasus 3 jerigen mercuri masuk tahap II

oleh -49 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease ke menyerahkan berkas P-21 (pemberitahuan bahwa hasil penyidikan sudah lengkap) kepada JPU Kejari Ambon, Selasa (24/4).

Sehingga, kasus kepemilikan merkuri dengan tersangka La Andi Taipabu (22), bisa dilakukan pelimpahan atau penyerahan tersangka, berkas dan barang bukti berupa 3 jerigen berisi merkuri seberat 55,5 kg.

Hal ini dibenarkan KBO Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease, Ipda Iqbal, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Rabu (25/4).

Sebelumnya, akunya, pihaknya sempat terkendala dalam proses penyidikan di tahap P-19, yakni pengembalian berkas perkara untuk dilengkapi oleh JPU kejari Ambon.

Link Banner

Dimana, sempat menjadi perdebatan oleh penyidik Tipiter Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease, dengan JPU Kejari Ambon, Asmin Hamja.

Baca Juga  Jelang Pilkada 9 Desember, Polres Tikep Siapkan 260 Personil

Menurutnya, berkas P-19 yang diserahkan oleh penyidik Tipiter Satreskrim Polres P. Ambon dan Pp. Lease 3 kali ditolak oleh JPU Kejari Ambon.

JPU Kejari Ambon beralasan adanya 2 nama tersangka baru bernama La Aman dan Kisman, yang disebutkan oleh tersangka La Andi Taipabu, tidak mengakui sebagai pemilik utama 3 jirigen merkuri dimaksud.
Dan untuk memenuhi tahap II, tegasnya, pihaknya sudah melakukan perbaikan berkas dengan menyerahkan berkas P-21 tadi.

”Untuk kasus merkucuri dengan tersangka La Andi Taipabu, hari Senin resmi dilimpahkan ke tahap II, oleh penyidik Tipiter Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease yang dipimpin oleh Kanit Tipiter Aipda Herman Mashudin, kepada JPU Kejari Ambon yang diterima oleh Plh Kasi Pidum Junet Pattiasina,SH,” ujarnya.

Baca Juga  Masjid Terbesar dan Termegah di China Berubah Jadi Kantor Komunis

Dijelaskan, tersangka La Andi Taipabu tertangkap tangan leh anggota Buru Sergap Polres P. Ambon dan Pp. Lease, (25/12) tahun kemarin, saat sedang membawa 3 buah jerigen berisi mercuri dengan berat 55,5 kg.

Guna melengkapi berkas tahap II kasus merkuri ini, jelasnya, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan kepada 5 orang saksi.

Selain itu, akunya, barang bukti berupa 3 jerigen berisi merkuri seberat 55,5 kg juga sudah diserahkan kepada JPU Kejari Ambon.

”Tersangka La Andi Taipabu,yang dilimpahkan ke tahap-II, dalam kasus 3 jerigen merkuri, disangkakan dengan pasal 8 ayat (3) b, tentang ijin usaha eksplorasi pertambangan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” jelasnya. (keket)