Akhirnya Sampah di Wilayah Kezia Tertangani

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sampah merupakan masalah krusial dimana-mana, termasuk kota Ambon.

Untuk menagani masalah sampah di Kota Ambon, butuh partisipasi dari semua pihak baik pemerintah, maupun swasta. Karena itu melalui komunikasi yang baik antara pengurus RT 004/RW 07 dengan Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Dinas Kebersihan, maka Senin, 30 Agustus 2021 proses pengangkutan sampah di Kezia, Kampung Siwang, Negeri Urimessing mulai di tangani oleh Dinas Kebersihan Kota Ambon.

Kepada Porostimur.com, Ketua RT 004/RW 07 mengatakan sampah ini merupakan masalah yang mesti ditangani secara serius dan teratur, apalagi di Kezia. Di setiap tepi jalan sampah terlihat dimana-mana.

“Karena itu sebagai penanggung jawab di lingkungan, kami berkomunikasi dengan beberapa pihak termasuk Dinas Kebersihan Kota Ambon dan dari komunikasi yang baik itu, 30 Agustus 2021 telah dilakukan pengangkutan sampah di wilayah Kezia ini,” kata Rahayaan.

“Tentu pengangkutan sampah ini harus diatur dengan baik maka sebelum pengangkutan sampah dilaksanakan, kami mengawalinya dengan mensosialisasikan hal ini dengan warga masyarakat dan dari komunikasi yang baik maka seluruh warga masyarakat di Kezia sangat merespons dengan baik hal pegangkutan sampah ini. Untuk Wilayah Kezia sampah diangkut mulai dari jam 16.00 WIT, sampe selesai,” imbuhnya.

Baca Juga  Begini Aktivitas Pedagang Pasar Mardika Pasca Relokasi

Rahayaan menambahkan, sebagai bentuk upaya membantu Pemeritah Kota Ambon untuk pengangkutan sampah itu, warga masyarakat di wajibkan membayar retribusi sampah per rumah tangga Rp 6.000,/bulan. Hal menurutnya ini dilakukan berdasarkan Perda Nomor 05 tahun 2013 tentang sampah rumah tangga.

Di tempat terpisah Pejabat Pemerintahan Negeri Urimessing, Arthur Solsolay, mengatakan sebagai pemerintah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh bapak/ibu RT yang ada di wilayah Kezia, karena lewat komunikasi yang baik pihak Dinas Kebersihan Kota Ambon, dapat merealisasikan apa yang menjadi masalah di Kezia selama ini.

“Dengan adanya respons yang baik oleh Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Dinas Kebersiahan tentang pengangkutan sampah di Kezia diharapkan masyarakat memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk menata sampah-sampah yang ada sehingga waktu petugas kesehatan tiba di lokasi dengan mudah sampah bisa diangkut dan dibawa ke tempatnya,” harap Solsolay. (olof)

No More Posts Available.

No more pages to load.