Anggaran Operasional GU, PLH Camat Botang Lomang dan Bendahara Diduga “Sekongkol”

oleh -294 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Diduga kuat Bendahara Astati Ali dan Pelaksana Harian (PLH) Camat Botang Lomang Abubakar Ahmad “sekongkol” gunakan anggran operasional Camat GU Rutin Kecamatan, Tahun 2021.

Anggran operasional tersebut  diketahui terhitung sejak Januari hingga Maret merupakan anggaran operasional camat yang lama, Fadli Salim  senilai Rp. 26.689.000-  (Dua puluh enam juta enam ratus delapan puluh sembilan ribu rupiah).

“Sebagai camat kami di setiap kecamatan memiliki anggaran operasional yang dinamakan GU rutin kecamatan dan itu dicairkan tiga bulan sekeli melalui rekening bendahara kecamatan. Namun lanjut Fadli, sampai saat ini saya tidak menerima padahal, anggarannya sudah cair beberapa hari lalu,” ujar camat kepada media ini Sabtu (26/6/2021).

Fadli Salim menjeleskan, saat Bupati Halsel Hi Usman Sidik  melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Jumat (5/6) kemarin dan posisinya digantikan oleh Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Abubakar Ahmad, sudah melewati tiga bulan masa jabatannya (Fadli Salim Camat Lama – red) sebagai camat di Kecamatan Botang Lomang, dan jelas sudah seharusnya anggaran Operasional atau GU tersebut harus diterima (Fadli Salim – red)

“Saat saya dimutasi oleh pak bupati kan sudah melewati tiga bulan yang diketahui anggaran tersebut cair di masa jabatan saya selaku camat dan sudah seharusnya saya yang berhak menerima karena sebelum dicairkan saya telah menandatangani surat cek pencairan (SCP) Anggran GU atau Operasional tersebut, “jelas Fadli.

Baca Juga  Malam Tahun Baru, Sejumlah Personil Polres Kepulauan Sula Dapat Hadiah Kenaikan Pangkat

“Tapi setelah saya di mutasi dan anggarannya cair bendahara tidak mengkonfirmasi hal tersebut ke saya padahal, bendahara harus konfirmasi ketika operasional itu dicairkan karena saya masih punya hak menerima anggran itu,” tambahnya.

Dilain waktu, Kepala Dinas Keuangan Aswin Adam saat di konfirnasi porostimur.com membenarkan bahwa anggran tersebut telah dicairkan beberapa waktu lalu. “Iya sudah cair”, kata Aswin singkat.

Datanyakan pencairan tahap pertama dan tahap dua Operasional atau GU kecamatan, Aswin mengtakan sebagian besar Operasional atau GU di kecamatan sudah di cairkan. “Klo ini ada sebagian yang sdh ada sebagian juga yang belum adik. Lanjutnya Baru sebagian kayanya adik soalnya hari libur ni angka pastinya saya tara hafal adik”, Aswin saat dikonfirmasi porostimur.com.

Terpisah bendahara camat kecamatan botang lomang Astati Ali saat dikonfirmasi via Whatsapp, Astati bilang ia hanya menjalankan perintah atasannya. “Saya hanya jalankan perintah atasan sisanya silahkan bapak konfirm langsung dengan pak camat”, singkatnya

Baca Juga  Dandim 1504/Ambon Pimpin Acara Kenaikan Pangkat Bintara dan Tantama

Lebih jauh Pelaksana Harian (PLH) Camat Kecamatan Botang Lomang, Abubakri Ahmad saat dihubungi porostimur.com membenarkan pula bahwa anggaran tersebut, telah cair dan telah telah dititipkan anggaran operasional milik camat lama Fadli Salim kepada bendahara Camat.

“Sudah saya kasih biaya SPPD  Rp. 8.500.000 tambah beban piutang Rp. 6.500.000. Sisanya saya masih tahan sebelum utang itu dibuat laporan saya juga masih mau benahi kantor air juga tidak ada makan minum. Saya mau tanya apakah selama ini belanja ATK dan makan minum itu ada?”, tandas Abubakri

Abubakri bilang, anggrannya ada di bendahara menunggu bendahara yang nanti menyerahkan kepada mantan camat (Fadli – red).

Baca Juga  Brimob Maluku Semprot Disinfektan di Kawasan Desa Galala Ambon

“Nanti konfirmasi dengan bendahara yang jelas saya sudah sampaikan kasih ke beliau (Mantan Camat – ted) soal sampai atau tidak saya tidak tahu dan sampai sekarang saya tidak pengang uang semua pengeloaan keuangan ada di bendahara,” jelas Abbubakri. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.