Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan Hari Pertama Puasa 23 Maret

oleh -56 views
Arab Saudi mengumumkan tanggal 1 Ramadan atau hari pertama puasa akan jatuh pada Kamis (23/3). (iStockphoto/Ayman Zaid)

Porostimur.com, Riyadh – Arab Saudi mengumumkan tanggal 1 Ramadan atau hari pertama puasa akan jatuh pada Kamis (23/3/2023).

Pada Selasa (21/3) malam waktu setempat, Mahkamah Agung Saudi memutuskan bulan Syaban dalam kalendar Islam akan berakhir pada hari ini, Rabu (22/3/2023).

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pihak berwenang telah meminta warga mencoba melihat bulan sabit yang menandai dimulainya Ramadan, tetapi tidak terlihat.

Negara-negara mayoritas Islam Sunni lainnya termasuk Mesir dan Qatar juga mengumumkan bahwa tanggal 1 Ramadan akan dimulai pada Kamis, begitu pula pemerintah Palestina.

Sementara itu, pemerintah Yordania, Aljazair, Maroko, hingga Indonesia baru akan memutuskan tanggal 1 Ramadan hari ini.

Dikutip AFP, penetapan tanggal 1 Ramadan, bulan suci umat Islam, memang ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisiknya.

Baca Juga  Pj. Gubernur Harap Peserta Diklat Sesdilu Jadi Agen Pembangunan Maluku

Karena itu, tak jarang penetapan bulan baru dalam Islam terutama bulan Ramadan berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Selama bulan Ramadan, pemerintah Saudi menerapkan sejumlah aturan baru, di mana ibadah puasa dipatuhi secara ketat di negara itu.

Salah satu aturan ketat itu yakni kebijakan restoran dan tempat makan lainnya harus tutup hingga waktu berbuka puasa tiba selama Ramadan.

No More Posts Available.

No more pages to load.