Besok DPRD Maluku Paripurna KUA-PPAS dan APBD 2021

oleh -31 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku akan melakukan rapat tertutup terkait pembahasan KUA PPAS serta APBD 2021 dan reses dewan yang dilaksanakan dengan akhir masa sidang Tahun 2020.

“Tentang KUA dan PPAS itu direncanakan besok hari disampaikan dalam paripurna dewan oleh Gubernur Maluku. Tadi dalam rapat urusan anggaran telah diminta untuk pembina segera berkoordinasi dengan pak sekda agar dokumen KUA-PPAS itu sudah harus disiapkan dan besok disampaikan pada saat penyampaian KUA-PPAS dalam rapat paripurna dewan itu,” ujar Ketua DPRD Provinsi Maluku, Drs. Lucky Wattimury, M.Si, Rabu (16/12/2020).

Menurut Lucky, penggunaan sistem yang baru sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Kemendagri dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan sudah dipakai dalam penyusunan KUA-PPAS 2021 sampai APBD 2021, maka akan lebih memudahkan dewan untuk membahas anggaran-anggaran yang direncanakan dalam KUA-PPAS maupun APBD.

Baca Juga  Jerinx SID Tantang Balik Gubernur Maluku, Soal Hidup Bersama Pasien Covid-19

“Karena sistemnya lebih terbuka untuk apa saja yang menjadi kegiatan, maka kami memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membahas apa yang sudah menjadi kesepakatan dengan demikian besok itu penyampaian akan dilanjutkan dengan pembahasan pada tingkat fraksi dan tingkat komisi, setelahnya baru dilanjutkan dengan badan anggaran untuk menyusun DIM badan anggaran berdasarkan DIM fraksi dan fisik komisi,” katanya .

“Lalu berdasarkan DIM badan anggaran yang dimaksud kami lakukan rapat kerja dengan DIM anggaran pemerintah daerah, dan diharapkan paling terlambat tanggal 23 Desember 2020 APBD Maluku tahun 2021 sudah ditetapkan di DPRD karena selesai natal ada tiga hari yang diperlukan untuk evaluasi Kemendagri paling lambat sudah harus ada penetapan APBD, kalau tadi penetapan APBD di DPRD maka sekarang penetapan peraturan daerah tentang APBD provinsi Maluku,” imbuhnya.

Baca Juga  Latihan Persiapan Pratugas, Satgas Yonif RK 732/Banau Gelar Latihan Pengendalian Massa

Wattimury bilang, di tahun 2022 yang akan datang, aspirasi masyarakat itu mesti dibicarakan di awal tahun 2021 karena itu reses dewan yang dilaksanakan pada tahun 2020 sampai awal tahun 2021 ini akan dilakukan oleh anggota DPRD pada masing – masing daerah pemilihan untuk menampung aspirasi – aspirasi masyarakat kemudian dibuat sebagai pokok pikiran, sehingga rakorbang pada tingkat provinsi atau tingkat nasional kita punya pokok-pokok pikiran bersama dengan rencana kerja DPRD itu sudah bisa disatukan. (valen)