BPBD Malut Imbau Warga Waspadai Bencana Hidrometeorologi

oleh -22 views

Porostimur.com, Sofifi –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara mengeluarkan imbauan dan peringatan dini bencana hidrometeorologi di kawasan tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Malut Fehby Alting, mengatakan, imbauan tersebut berdasarkan hasil analisis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG pada 16 Januari 2024, bahwa potensi siklon tropis 99S terpantau di Australia bagian Utara, dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistem mencapai 15-20 knot (28-37 km/jam).

Fehby Alting mengatakan, dalam periode 48-72 jam ke depan sistem Bibit Siklon 995 bergerak lambat ke arah timur-tenggara dengan potensi meningkat menjadi sistem siklon cenderung kecil peluangnya. 

“Hal tersebut dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan,” ujarnya, Kamis (18/1/2024) di Sofifi.

Untuk itu, Fehby mengimbau warga agar mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor. 

Warga diminta agar tidak berlindung di bawah pohon saat hujan disertai petir, dan angin kencang karena dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang. 

Tidak hanya itu, tinggi gelombang 1.25-2.5 meter (Moderate sea) berpeluang terjadi di perairan timur Simelue hingga Kep. Nias, Laut Natuna, termasuk laut Maluku bagian Utara, perairan Bitung-Manado, perairan Utara Halmahera hingga Papua, dan laut Halmahera.

“Kami jug menghimbau kepada masyarakat nelayan khususnya yang menggunakan kapal berukuran kecil agar menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda,”ungkap Fehby. (red/mctidore)

Baca Juga  Ini 9 Anggota DPRD Malut Periode 2024-2029 dari Dapil Halut-Morotai

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.