Bupati Kepulauan Sula Lantik 74 Kades Definitif

oleh -594 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Hendrata Thes resmi melantik 74 kepala desa (Kades) definitif di gedung Aula kantor Bupati Kepsul, Desa Pohea, Kecamatan Sanana Utara, Selasa (11/5/2021).

Pantauan porostimur.com, Hendrata dalam sambutannya menyampaikan, pemilihan kepala desa merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat di pedesaan guna mendapatkan seorang pemimpin yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dan pemilihan kepala desa ini juga merupakan ajang pendidikan politik bagi masyarakat pedesaan dalam mengekspresikan hak untuk memilih pemimpin yang bertanggung jawab.

Hendrata bilang, pelantikan kepala desa yang dilaksanakan hari ini telah kita saksikan bersama, sudah barang tentu melalui sebuah proses yang cukup panjang. Mulai dari pendaftaran, pemilihan, pencalonan, dan pemungutan suara, di mana pemilihan akan dimenangkan oleh salah satu calon, maka calon tersebut akan dilantik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga  Tiga Kakak Beradik Tewas Mengenaskan, Diduga Diracun Sang Ibu

Oleh karena itu, kata Hendrata, selaku pemerintah daerah ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menerima dan menghargai hasil pemilihan kepala desa dengan jiwa besar. Karena menurutnya, yang namanya demokrasi pasti ada menang dan ada yang kalah.

Hendrata pun berharap, setelah dilantik menjadi kepala desa, masing-masing kepala desa mampu memperhatikan aspirasi rakyat.

“Untuk itu, saya harapkan Saudara harus cermat dan memperhatikan aspirasi rakyat, membangun kebersamaan demi kemaslahatan di negeri dan di desa yang sama-sama kita cintai,” tutupnya.

Sekedar informasi, jumlah secara keseluruhan tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kepsul ada 78 Desa. Hanya saja tiga desa yang belum melakukan tahapan pemungutan suara, masing-masing di antaranya, yakni Desa Waisakai (Kecamatan Mangoli Utara Timur), Desa Mangoli (Kecamatan Mangoli Tengah), dan Desa Fatiba (Kecamatan Sulabesi Tengah). Kemudian ada satu Desa yang sudah melakukan pemungutan suara, tetapi belum berhasil dilantik, yaitu desa Wainib (Kecamatan Sulabesi Selatan). Jadi, hanya 74 kades yang dilantik secara resmi oleh bupati Kepsul. (am)

No More Posts Available.

No more pages to load.