Camat KKT, Polsek Kei Kecil Timur dan Bhabinsa 1503-1 Berhasil Amankan Kisruh Sangketa Tanah Iso – Wain Baru

oleh -109 views
Link Banner

Porostimur.com: Langgur: Kisruh Sangketa tanah antara masyarakat adat Iso dan Wain Baru yang terjadi pada, Ahad (13/6/2021) pagi ini, berhasil diamankan Anggota MaPolsek Kei Kecil Timur, dan Bhabinsa 1503-01 Koramil Denwet.

Berdasrakan informasi yang berhasil dihimpun kisruh terjadi karena masyarakat adat Wain Baru melakukan pengukuran tanah yang sudah masuk di dalam tanah adat milik masyarakat adat Iso (dalam kampung) pada pukul 08:20 waktu setempat.

Tindakan tersebut kemudian memicu emosi dari masyarakat adat Iso yang melihat kegiatan yang dilakukan itu sudah sangat melecehkan hak adat dari masyarakat Iso, sehingga terjadi kejar-kejaran yang memicu masa yang hampir saja terjadi kontak sajam.

Warga kemudian menghubungi Polisi yang berjaga dan langsung berdatangan Kepala Unit Intelkam Polsek KKT Brigadir Kepala (Bripka) F.Jamal bersama dengan Personil Unit Sabraha yang bertugas segera melakukan penanganan dengan memisahkan kedua kubu yang sedang bertingkai.

Pantauan Porostimur.com saat berada Tempat Kejadian Perkara(TKP-read) fast respon Kanit tersebut juga langsung disambut baik warga dan segera memisahkan diri dan berdiri pada batas wilayah masing-masing masyarakat desa

Baca Juga  SMS-GES Terus Dulang Dukungan Warga Buru Selatan

“Bapa-bapa sekalian tenang, kami datang untuk membantu mencari solusi, urusan penyelesaian internal antara dua desa/ohoi nanti diselesaikan secara adat,” ujar Kanit.

“Kami mencari solusi agar Kamtibmas aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan” arahanya kepada masyarakat,” sambungnya.

Sementara itu kondisi terahir TKP sudah diredakan oleh petugas yang berdatangan baik Kapolsek Kei kecil Timur beserta personil dan Camat Kei Kecil Timur.

Perwakilan dari kedua belah pihak desa bertingkai yakni Iso dan Wain Baru itu kemudian dimediasi oleh Camat KKT Abas. A Renwarin S.Sos untuk diselesaikan bersama di Mapolsek Kei Kecil Timur.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden naas itu hanya 1 korban luka karena pertingkaian pertama yakni YT (33) tahun, warga Iso pada wajahnya oleh masa dari Wain Baru. (merlon)

No More Posts Available.

No more pages to load.