Cegah kanker payudara dengan konsumsi 7 makanan enak alami ini

oleh -49 views
Link Banner

@Porostimur.com | Jakarta : Kanker payudara kini banyak diderita wanita usia produktif. Ada baiknya mulai selektif memilih asupan makanan. Makanan kaya nutrisi ini bisa cegah tumbuhnya sel kanker.

Banyak hal yang menyebabkan kanker payudara. Salah satunya asupan makanan harian. Makanan yang Anda makan memiliki efek pada tubuh. Jika ingin kurangi risiko terkena kanker payudara, sebaiknya rutin konsumsi 7 makanan alami yang enak yang direkomendasikan oleh ahli diet asal AS, Dr. Kristi Funk, seperti dikutip dari Delish (23/10).

1. Sayuran hijau

Link Banner

Banyak dokter yang menyarankan konsumsi sayur secara rutin. Itu bukan tanpa alasan. Sebab sayuran, terlebih sayuran hijau ampuh cegah kanker. Berdasarkan keterangan ahli diet, Dr. Kristi Funk, sayuran hijau seperti kale, bayam hingga bok choy sebaiknya dimasak dengan cara dikukus. Tingkat kematanganya pun jangan dikukus hingga matang alias masih sedikit mentah.

Sebab ketika Anda mengunyah sayuran hijau tersebut, Anda menghancurkan dinding sel dan menciptakan sulforaphane yang bisa mencari dan menghancurkan sel-sel kanker. Jika Anda tak suka sayuran mentah, sebaiknya padukan sayuran mentah dan matang dalam satu piring.

2. Buah beri


Mengkomsumsi makanan tinggi oksidan sangat membantu tubuh untuk melawan kanker. Makanan mengandung banyak antioksidan seperti buah beri, bayam, kale bahkan cokelat hitam merendahkan tingkat stres oksidatif. Sebaliknya, tingkat stres oksidatif yang tinggi bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit. Menurut Dr. Funk, buah beri membuat sel kanker ‘bunuh diri’.
Jadi sangat baik jika menu sarapan Anda berisi gandum dan blueberry. Atau smoothie yang diberi topping blueberry. Oh ya, blueberry segar atau pun blueberry dingin sama sama memiliki khasiat yang ada.

Baca Juga  Petarung Cantik 'Ganggu' Duel Khabib Nurmagomedov

3. Susu Kedelai


Ada mitos yang mengatakan kalau susu kedelai tak baik bagi kesehatan. Hal ini mencuat lantaran sebuah penelitian menyebut bahwa kedelai meningkatkan kadar estrogen pada hewan. Sehingga kedelai dianggap tak sehat.
Mitos tersebut dibantah oleh Dr. Funk. Justru susu kedelai mencegah tubuh terserang penyakit kanker payudara. Hal itu disebutkan dalam beberapa studi di tahun 2009. Studi itu mempelajari khasiat kedelai bagi tubuh manusia. Hasilnya, kedelai melindungi tubuh dari kanker payudara. Terlebih jika dikonsumsi oleh remaja.

Untuk itu, ia merekomendasikan agar orang mengkonsumsi dua hingga tiga porsi kedelai per hari. Baik kedelai langsung atau pun olahan kedelai seperti susu kedelai, tempe, miso, tamari, dan yogurt. Namun pastika untuk mengecek susu kedelai yang Anda konsumsi terbat dari kedelai utuh.

Baca Juga  Wagub Maluku Utara Hadiri Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2019

4. Kacang-kacangan


Serat punya pera penting dalam melindungi tubuh dari kanker. Dr Funk menerangkan,”Ini (serat) menghancurkan ‘mimpi kanker’ ketika mengikat estrogen dan racun di saluran pencernaan, meningkatkan sensitivitas insulin dan melepaskan litani oksidan, vitamin, dan senyawa anti kanker.”
Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi serat secara rutin. Kacang hitam, kacang panjang, kacang polong, lentil hingga alpukat jadi makanan tinggi serat yang bisa mengisi asupan serat harian Anda.

5. Tomat


Beberapa penelitian menunjukkan perunurunan risiko terkena kanker payudara pada wanita berasal dari asupan tomat yang tinggi. Hal itu bisa didapat dari konsumsi tomat mentah maupun tomat yang dimasak selama 15 menit.
Sayuran yang dimasak itu juga membantu kinerja lycopene. Lycopene sendiri merupakan antioksidan anti-peradangan. Jadi tak ada salahnya untuk melahap tomat panggang atau tumis untuk meningkatkan khasiatnya.

6. Apel


Buah yang renyah dengan rasa manis asam dan beraroma wangi ini enak dimakan segar ini memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya, kandungan flavonoid yang ada pada kulit apel bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa orang yang makan apel setiap hari punya risiko lebih rendah terkena kanker sebanyak 24 persen.
Selain itu apel juga mengandung vitamin C yang bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, sebaiknya jangan buang kulit apel. Makanlah buah apel secara utuh, sebab bagian terpenting agar terhindar dari kanker ialah bagian kulit apel.

Baca Juga  Tersandung Peti GB, sanksi pecat bayangi 2 anggota Polri

7. Teh hijau


Untuk minuman, Dr.Funk merekomendasikan teh hijau, kopi, dan air putih. Namun lebih merekomendasikan seduhan teh hijau sebanyak tiga cangkir per hari. Tenang saja, kandungan kafein tiga cangkir teh hijau setara dengan secangkir kopi.
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2001 menunjukkan bahwa mengkonsumsi banyak teh perhari bisa kurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 50%. Hal itu juga dibuktikan oleh penelitian dari seorang anak bernama Stephen yang meraih pnghargaan di Georgia Science and Engineering Fair. Ia berhasil menemukan senyawa yang bisa melawan kanker dari teh hijau. (web-dtc)