Cuaca Buruk, BMKG Emalamo Sanana Imbau Imbau Warga Waspada

oleh -106 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Maluku Utara pada umumnya, dan khususnya Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) akhir-akhir ini terjadinya cuaca buruk, yakni mulai dari hujan lebat, angin kencang, tinggi gelombang air laut, bahkan terjadinya angin puting beliung.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stadion Meteorologi Emalamo Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Muhamad Rivai Narudin, mengaku saat ini pihaknya bekerjasama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula untuk mengembangkan informasi perkiraan cuaca kepada masyarakat Kepulauan Sula.

“Sebenarnya kami sudah memberikan informasi kepada masyarakat, meskipun tidak secara keseluruhan, tetapi ke BPBD sudah kami lakukan untuk disebarkan lagi. Jadi, untuk perkiraan cuaca BMKG diawali dari Desember kemarin, kami sudah sampaikan masih berpotensi cuaca buruk dikarenakan adanya proses “La Nina” sehingga kondisi cuaca buruk,”.

Baca Juga  Warga Banda Eli-Elat Demo, Tuntut Polisi Percepat Proses Kasus Kematian Husein Suat

“Kemungkinan besar terjadi sampai dengan akhir Januari, di awal Februari mungkin sudah berkurang karena proses La Nina sudah mulai menurun,” jelas Riva Narudin saat diwawancarai Transtimur.com, di ruang kerjanya, Senin (18/1/2020).

Riva menyebut, yang sering mendapat cuaca buruk saat ini, yaitu di Pulau Taliabu, Sulabesi Barat, dan di Pulau Mangoli.

“Yang sering terjadi cuaca buruk saat ini di Taliabu, terus kemungkinan di sebelah Barat Kepulauan Sula, dan di Pulau Mangoli juga berpotensi adanya cuaca buruk,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Riva menghimbau agar masyarakat lebih sering mencari informasi tentang cuaca di BMKG, dan juga selalu waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

“Kepada masyarakat harus lebih sering mencari tahu informasi BMKG, karena cuaca ini dinamis, tidak statis, dia bisa berubah kapan saja. Masyarakat diharapkan agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca sekarang ini, kemudian selalu update BMKG, khususnya Kabupaten Kepulauan Sula,” tutupnya. (red)