Dakwaan Ditolak Hakim, Julkifli Umagapi Dinyatakan Bebas

oleh -116 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Julkifli Umagapi akhirnya bisa bernafas lega, setelah Pengadilan Negeri (PN) Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara menerima keberatan (eksepsi) yang diajukan penasihat hukumnya.

Umagapi yang juga Juru Kampanye pasangan calon kepala daerah Kepsul Fifian Adeningsi Mus – Muhammad Saleh Marasabessy (FAM-SAH) ini, sebelumnya didakwa dengan pasal ujaran kebencian.

Sidang yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Sanana berlangsung pada Senin (9/11/2020), pukul 19.30 WIT, malam tadi.

Usai sidang, Penasehat Hukum (PH) Julkifli, Abd. Aan Achbar dan Hitno Kossi menyatakan, putusan eksepsi menyatakan keberatan klien mereka diterima.

Link Banner

Pengadilan juga sekaligus membatalkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Julkifli Umagapi dalam tindak pidana ujaran kebencian terhadap salah satu paslon di Kepulauan Sula.

Baca Juga  Libas Barcelona di El Clasico, Real Madrid Ulangi Rekor 43 Tahun Silam

“Surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum Nomor PDM-34/Q.2.14/Eku.2/10/2020 tanggal 3 November batal demi hukum. Untuk itu, hakim memerintahkan agar mengembalikan berkas perkara ini kepada JPU serta membebankan biaya perkara kepada negara,” ungkap Aan seperti dilansir dari tandaseru.com, Selasa (10/11)

Dakwaan tersebut ditolak, sambung dia, lantaran dalam surat dakwaan yang diajukan JPU masih menggunakan Pasal 187 ayat (2) Jo Pasal 69 huruf (b) Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015. Sedangkan Pasal 69 huruf (b) itu sudah diubah dengan UU Nomor 8 Tahun 2015.

Aan bilang, surat dakwaan yang diajukan JPU masih kabur atau obscuur libel. Karena itu, surat tersebut dinyatakan batal demi hukum.

“Alhamdulillah, eksepsi tersebut diterima oleh majelis hakim,” tukasnya.

Baca Juga  Ekspedisi Pelayaran Kapal Padewakang Singgahi Saumlaki

Itu berarti, terdakwa Julkifli Umagapi dibebaskan dari segala dakwaan dan dibebaskan demi hukum. (red/tsc)