Dear Guru, Ini 4 Tips Jalin Komunikasi yang Baik dengan Orang Tua Siswa

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Jika kamu adalah seorang guru atau pengajar di sekolah tentu setiap hari menjalin komunikasi dengan peserta didik terutama saat mengajar di kelas. Selain membina komunikasi yang baik dengan peserta didik, guru juga perlu cakap dalam mengembangkan hubungan baik dengan orang tua peserta didik.

Berikut ini adalah 4 tips yang bisa diterapkan guru dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa.

1. Belajar untuk saling memahami kepribadian antara guru dan orang tua murid

Cara pertama yang dapat guru lakukan dalam membina komunikasi adalah dengan bersama-sama orang tua peserta didik saling memahami kepribadian masing-masing.

Komunikasi yang baik dapat terjalin ketika guru dan orang tua saling mengenal dengan baik. Salah satu caranya yaitu menyapa orang tua dengan senyum serta biasakan untuk sering menggunakan nama orang tua ketika bercakap-cakap.

Gestur sederhana tersebut dapat membuat orang tua berpandangan positif dan yakin bahwa guru peduli terhadap anak mereka. Pada akhirnya dapat membuat hubungan guru dan orang tua semakin harmonis.

2. Rutin jalin progres belajar peserta didik dengan orang tua

Cara kedua bagi guru untuk mengoptimalkan komunikasi dengan orang tua siswa adalah dengan konsisten mengomunikasikan capaian belajar peserta didik.

Di zaman di komunikasi dapat dilakukan secara kilat melalui smartphone bisa dimanfaatkan guru untuk melaporkan hasil belajar mulai dari nilai peserta didik hingga bagaimana tingkah laku anak ketika mengikuti pembelajaran di kelas.

Membagikan laporan mingguan rutin mengenai apa saja yang murid pelajari dapat membuat orang tua merasa lebih percaya dan menilai bahwa guru sungguh-sungguh dalam membimbing anak mereka.

Melalui laporan ini juga dapat ditemukan permasalahan agar bisa didiskusikan bersama orang tua untuk mencari solusi terbaik.

3. Berkomunikasi dengan jelas dan efektif

Ketika memberitahukan baik kemajuan belajar siswa, acara-acara penting sekolah atau apa pun yang perlu dikomunikasikan dengan orang tua, usahakan untuk memberitahukannya ke orang tua secara jelas.

Tidak perlu ditambah atau dikurangi. Komunikasi yang efektif dapat memudahkan orang tua untuk memahami informasi dari guru.

4. Gunakan beberapa cara untuk berkomunikasi.

Zaman sekarang teknologi menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk berkomunikasi. Guru perlu memanfaatkannya dengan menjalin hubungan dengan orang tua murid menggunakan beberapa aplikasi.

Contohnya WhatsApp, Email, Zoom dapat membuat guru dapat mengkomunikasi kemajuan belajar peserta didik kepada orang tua.

Guru yang menggunakan aplikasi dapat membuat orang tua semakin percaya terhadap kemampuan guru dan bersedia bilamana guru hendak mengomunikasikan suatu informasi.

Itu tadi 4 tips yang bisa guru lakukan untuk membina hubungan baik dengan orang tua siswa. Selamat mencoba!

(red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.