Dua Minggu Menjabat, Pangdam Pattimura Terima Senjata Api dari Warga

oleh -128 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pembinaan teritorial yang terus dilakukan oleh Kodam XVI/ Pattimura membuahkan hasil. Satu pucuk senjata api mesin ringan, SMR Bren diserahkan kepada Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., di saat masa jabatannya baru dua pekan pada, Rabu (1/09/2021) di Lobby Makodam.

Senjata ini diserahkan oleh Koptu Awaluddin Maruapey, yang menerima senjata tersebut dari warga masyarakat negeri Hualloy yang menyerahkannya secara sukarela.

Awalludin sehari- hari menjabat sebagai Babinsa Koramil 1502-02/Amahai, Kodim Masohi, Negeri Soahuku, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Penyerahan senjata tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat Kodam XVI/ Pattimura, seperti Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Irdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Dwi Darmadi, S.Sos, M.I.P., Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Heri Sapari serta beberapa Asisten.

SMR Bren MK-III merupakan senjata mesin ringan standard buatan Inggris yang saat perang dunia II digunakan oleh pasukan infanteri Inggris. Senapan ini berkaliber 7,62 mm dengan berat 10 kg dan di Indonesia digunakan dalam pertempuran seperti peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Baca Juga  Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito Resmi Menjabat Selaku Danrem 152/Baabullah

Pangdam menyampaikan apresiasi kepada babinsa Koramil 1502-02 tersebut dan himbauan untuk masyarakat.

“Saya mengapresiasi atas keberhasilan Babinsa dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat, sehingga hari ini dapat menyerahkan SMR Bren tersebut. Kami harap hal ini dapat menjadi contoh dan diikuti oleh Babinsa yang lain untuk terus membina hubungan baik dengan masyarakat,” kata Pangdam.

Hingga senjata tersebut diserahkan, dalam kondisi aktif bisa digunakan dan cukup terawat.

Pada saat yang sama Pangdam menghimbau dan mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat yg telah dengan sukarela menyerahkan senjata tersebut.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berani melapor apabila menemukan atau memiliki senjata ilegal dan menyerahkannya kepada aparat setempat”, ujarnya. (keket)

No More Posts Available.

No more pages to load.