Dugaan Pungli di SMPN 9 Ambon, Ortu Siswa Minta Copot Parinussa

oleh -226 views

Porostimur.com, Ambon – Isu pungutan liar (pungli) kembali mengemuka menyusul tahun ajaran baru dan proses pendaftaran siswa siswi SD/SMP/SMA. Kali ini nasib sial dirasakan orang tua murid SMPN 9 Ambon pada proses pendaftaran siswa Kelas IX ke tingkat SMA/SMK.

Dengan kapasitas siswa sebanyak 418 kelas IX lulusan tahun ajaran 2022/2023, orang tua siswa diharuskan menyetor uang 100 ribu rupiah kepada pihak sekolah dengan dalih biaya transportasi, konsumsi, administrasi, dan penulisan ijasah. Merujuk kepada hasil rapat kepala sekolah bersama orang tua murid. Jumat (8/6/2023).

Namun ironisnya, ada orang tua murid yang telah duluan mendaftar ke SMK Kesehatan Siwalima semuanya diharuskan membayar 100 ribu. Tetapi fakta yang didapatkan, berkas dan formulir pendaftaran siswa dikembalikan kepada masing-masing siswa untuk mendaftar sendiri ke sekolah tujuan mereka.

Baca Juga  Kasus Khalid bin Walid: Ketika Sebagian Muslimin Menganggap Umar bin Khattab Berlebihan

Sebut saja, pada SMKN 3 Ambon, seluruh siswa berkasnya diserahkan kembali dan siswanya yang sendiri membawa berkas ke sekolah tersebut.

Salah satu orang tua siswa lulusan kelas IX yang enggan namanya dipublish menuturkan kekesalan atas tindakan sekolah yang sengaja melakukan pungli dengan berdalih biaya administrasi pendaftaran siswa tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.