Gunung Ibu di Halmahera Barat Erupsi, Tinggi Letusan 1 Km di Atas Puncak

oleh -15 views
Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara erupsi, Jumat (5/1/2024) pukul 08.56 WIT. FOTO/PVMBG

Porostimur.com , Jailolo – Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali mengalami erupsi, Jumat pagi (5/1/2024), pukul 08.56 WIT.

Menurut informasi yang dikutip dari Magma ESDM, kolom abu letusan mencapai 1.000 meter ke arah barat daya dan barat. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Efrita Lusy Andriany Saragih mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu.

“Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung,” kata Efrita.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara. Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Baca Juga  Jelang Ramadan, Harga Beras di Malra Meroket, Warga Minta Pemkab Gelar Pasar Murah

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung api tersebut.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata). Pada 4 Januari 2024, periode pukul 00.00 sampai 24.00 WIT, PVMBG mencatat ada ratusan kali gempa yang timbul akibat aktivitas magmatik di Gunung Ibu.

Gempa letusan tercatat ada sebanyak 21 kali, gempa hembusan 33 kali, gempa harmonik 4 kali, gempa vulkanik 82 kali, gempa vulkanik dalam 1 kali, gempa tektonik 1 kali, dan gempa tektonik jauh sebanyak 11 kali. (red)

Baca Juga  FMIPA Unpatti Gelar Olimpiade Sains 2024

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.