Harita Nickel Ubah Limbah Jadi Pupuk hingga Batako

oleh -59 views

Porostimur.com, Ternate – PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) atau Harita Nickel telah sukses mengolah hasil limbah domestik dan limbah pengolahan tambangnya menjadi beragam barang yang memiliki nilai tambah baik terhadap kegiatan perusahaan maupun masyarakat.

Salah satu bentuk pengolahan limbah yang dilakukan oleh perusahaan adalah membuat pupuk kompos. Hal ini dilakukan NCKL pada Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Karo yang berada di kawasan penambangan perusahaan di Kawasi, Pulau Obi, Maluku Utara.

Assistant Head of Technical Support PT Megah Surya Pertiwi Charles Hasiholan menjelaskan, fasilitas TPST tersebut baru mulai beroperasi memproduksi pupuk kompos pada September 2023 lalu. Pupuk yang dikembangkan perusahaan terbuat dari sampah domestik yang dihasilkan oleh kegiatan penambangan.

Baca Juga  Koordinasi Lintas Stakeholder, PPK Oba Utara Silaturahmi dengan Polsek

Dia mengatakan, fasilitas TPST tersebut rata-rata menerima sebanyak 16 ton sampah domestik setiap harinya. Sampah yang masuk pada fasilitas ini kemudian dipilah menjadi non organik dan organik.

“Kami telah melakukan riset laboratorium, diuji kandungan tanaman yang menggunakan pupuk ini seperti apa,” katanya saat saat ditemui Tim Jelajah EV di Kawasi, Pulau Obi, Maluku Utara pada Senin (5/12/2023).

No More Posts Available.

No more pages to load.