Heraklius Kerahkan Kapal Mengepung Abu Ubaidah di Hims

oleh -18 views

Kisah pasukan yang dipimpin Abu Ubaidah terkepung Hims, Suriah, diceritakan Muhammad Husain Haekal dalam bukunya berjudul “Al-Faruq Umar” yang diterjemahkan Ali Audah menjadi “Umar bin Khattab, Sebuah teladan mendalam tentang pertumbuhan Islam dan Kedaulatannya masa itu” (PT Pustaka Litera AntarNusa, 2000). Hims adalah kota yang terletak di bagian tengah Suriah.

Dikisahkan, penguasa Romawi, Heraklius, menulis surat kepada kabilah-kabilah Kristen di wilayah yang dikuasai pasukan Islam. Ia memberi semangat dan dorongan, dengan menyebutkan bahwa dia sudah memerintahkan kapal-kapalnya yang sekarang sedang mengarungi lautan untuk mengangkut pasukan dan perlengkapan dari Iskandariah ke Antakiah.

Kabilah-kabilah itu pun berangkat dengan segala kekuatannya dari Jazirah menuju Hims. Semua berita itu sudah sampai kepada Abu Ubaidah. Dipanggilnya Khalid bin Walid dari Kinnasrin untuk dimintai pendapatnya.
Setelah bersama-sama mempelajari situasi, mereka sepakat untuk menghadapi musuh akan menempatkan kekuatan Muslimin di utara Syam. Pasukan yang di Antakiah, di Hamal, Halab dan gudang-gudang senjata yang lain yang berdekatan akan dipusatkan di Hims.

Baca Juga  Memaknai Pengorbanan, Dari Ibrahim hingga Kini

Di kawasan ini pun kemudian tersiar berita Heraklius dan bala bantuannya yang didatangkan dari laut, serta berita-berita tentang Jazirah dan perjalanan kabilah-kabilahnya yang sedang menuju Hims.

No More Posts Available.

No more pages to load.