Hindari 3 T Lakukan 4 M, “Catatan Perjalanan Ke SBT Tanah Ita Wotu Nusa”

oleh -58 views
Link Banner

Oleh: Saadiah Uluputty, Anggota DPR RI Dapil Maluku

DARI Tutuktolu rombongan bertolak ke Kecamatan Kian Darat. Tepatnya di desa Angar kami telah ditunggu pejabat desa Angar dan tokoh serta perwakilan masyarakat. Bersama kepala Balai Pengelolaan Aliran Sungai (BAPEDAS) Waehapu, kami datang dengan membawa 2000 anakan Pala. Salah satu program tanaman produktif yang dibagi ke masyarakat.

Kepada Masayarakat saya berpesan agar proaktif untuk menanam dan merawatnya. Hindari 3T Lakukan 5 M. Jangan terapkan 3 T setelah menerima bibit ini ya? Apa 3 T ??..Terima , Tanam dan Tidur. Baiknya masyarakat melakukan 4 M , Menerima, Menanam, Merawat, Memanen.

Banyak potensi lahan yang masih terbuka ditumbuhi rumput dan lahan tidur. Belum digarap dengan baik dan profesional. Banyak sekali permintaan dari masyarakat kepada kami untuk minta bibit Pala dan tanaman lainnya tetapi tidak semua menanamnya. Ada yang menanam tetapi tidak merawatnya.

Demikian sambutan kami kepada petani yang menerima bantuan bibit baik kepada petani di kecamatan Kian Darat, Tutuktolu maupun di Bula.

Baca Juga  Enam Belas Muka Baru Hiasi Gedung Dewan SBB

Kepada 100-an peserta Bimtek di Aula Hotel Surya kami berpesan. Setelah menerima bibit tanaman produktif, pala, durian dan balsa kami berpesan.

Sebagai perwakilan Masyarakat saya akan memperjuangkan apa yang disuarakan oleh Masyarakat. Khususnya di Bula permintaan balsa cukup tinggi untuk ditanam.

Hadir dalam pertemuan bimtek Camat kota Bula, Ketua Fraksi PKS SBT sekaligus ketua DPRD SBT dan gapoktan yang diundang. Dalam sambutannya Camat Kota Bula menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada saya dan kepala balai serta jajaran.

Kepala BAPEDAS, Pak Djarot dan sambutannya mensosialisasikan berbagai program LHK dalam UPT BAPEDAS. Pak Wiyarta, kepala seksi menyampaikan beberapa sosialisasi dan bimtek kepada petani tentang cara menanam dan merawat tanaman serta rehabilitasi hutan dan lahan kritis mereka.

Baca Juga  Brisia Jodie Kolaborasi dengan Stevan Pasaribu di Lagu Baru

Kami mengucapkan terimakasih kepada kabalai beserta jajaran yang bersama kami selama 3 hari dalam legiatan bimtek ini. Juga kepada Camat Kota Bula, ketua fraksi sekaligus ketua DPD PKS serta jajaram pengurus yang mengatur dari awal hingga suksesnya acara.

Semoga segala langkah dan ikhtiar kita menjadi amal kebaikan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.