Investasi Blok Masela Tembus Rp535 Triliun, ini Skema Pembiayaan Inpex

oleh -87 views

Porostimur.com, Jakarta — Inpex Masela Ltd. bakal mengandalkan sebagian pembiayaan proyek LNG Abadi Blok Masela lewat trustee borrowing scheme (TBS) untuk mengejar onstream akhir 2029. 

Managing Executive Officer, Senior Vice President Asia Projects INPEX, Akihiro Watanabe, mengatakan skema pembiayaan itu terbilang cukup mapan digunakan oleh sejumlah lapangan minyak dan gas (migas) di Indonesia kendati belakangan lembaga pembiayaan mulai mengurangi portofolio mereka di industri fosil. 

“Pembiayaan ini sudah berjalan baik di Indonesia digunakan di Bontang, Tangguh dan Arun sebelumnya, kami berencana untuk menggunakan skema pembiayaan yang sama dan saat ini sedang berproses,” kata Watanabe selepas Kick-Off PMT Proyek LNG Abadi Masela di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga  Lantik Dewan Hakim dan Panitera MTQ XXX, Ini Pesan Penjabat Gubernur Maluku

Skema ini jamak dikenal sebagai mekanisme pinjaman dengan jaminan hasil proyek untuk menurunkan risiko bisnis dalam industri migas di dalam negeri. Lewat skema itu, sebagian risiko ditanggung pemberi pinjaman atau lender.

Watanabe juga mengatakan, pihaknya optimis bakal mendapat pinjaman yang cukup kuat dari lembaga pembiayaan lantaran Proyek LNG Abadi Masela saat ini telah resmi menambahkan fasilitas penangkap karbon atau carbon capture storage (CCS) dalam rencana pengembangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.