Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Disambut Nyanyian Ratapan Suku Sentani

oleh -1,128 views

Porostimur.com, Jayapura – Iring-iringan jenazah mantan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua pada Kamis (28/12/2023) disambut dengan hela-hili atau nyanyian ratapan oleh masyarakat Suku Sentani.

Tokoh Adat Sentani, Dantje Nere, menyatakan kepergian Lukas Enembe menjadi kehilangan besar masyarakat adat yang juga sebagai warga jemaat GKI Filadelfia Kampung Harapan.

“Kami berdiri di depan gedung Stadion Lukas Enembe dan Gereja GKI Filadelfia Kampung Harapan, yang merupakan buah karya mendiang,” kata Dantje, Kamis (28/12/2023).

Hela-hili menjadi ungkapan kesedihan terdalam, menandai perpisahan dengan tokoh pemimpin tertinggi. Seluruh masyarakat adat telah menantikan kedatangan jenazah Lukas Enembe dengan bunga-bunga.

Baca Juga  Jeffry Rahawarin Kantongi Surat Tugas PPP di Pilgub Maluku

“Selamat jalan Bapak Lukas Enembe kami masyarakat Suku Sentani sangat mengasihi dan bangga,” tambah Dantje.

Ketua Dewan Adat Suku Sentani, Orgenes Kaway, menambahkan bahwa kedatangan jenazah ini sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Papua di wilayah adat Sentani. Ia mengeklaim, Lukas Enembe sebagai putra terbaik Papua.

“Lukas Enembe memberikan kontribusi besar pada pembangunan di tanah ini,” ungkapnya.

Rencananya, Lukas Enembe akan dimakamkan pada sore hari di Koya Tengah, Jayapura.