Jadi Kota Satelit, Indeks Literasi Digital Ambon Capai Skala Tinggi

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kota Ambon bersama 20 kabupaten/kota lainnya di Indonesia, terpilih sebagai kota satelit penyelenggara Workshop Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo RI, hal ini dikarenakan Indeks Literasi Digital Ambon cukup tinggi.

“Berdasarkan survei status digital indonesia tahun 2020 oleh Katadata Insight Center dengan kementerian Kominfo RI, Ambon memiliki indeks literasi digital dengan skala 3,80,” Kata Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A.G Latuheru, saat membuka kegiatan on site Indonesia Cakap Literasi Digital 2021, Kamis (20/5/2021)

Dijelaskan Indeks literasi digital Kota Ambon yang berada pada skala 3,00 hingga 4,06, dihitung berdasarkan presentase total pengguna platform digital maupun media sosial di kota ambon terhadap jumlah penduduk.

Baca Juga  Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan Jembatan Air Bugis, Masuki Tahap Pemeriksaan Saksi Ahli

“Skala Indeks Literasi Digital ini menjadi modal bagi kota Ambon dalam melaksanakan penerapan digitalisasi sistem dan proses layanan publik,” katanya.

Oleh sebab itu, menurut Walikota, dalam upaya mendukung transformasi digital, Kota Ambon telah melakukan kerjasama dengan PT BNI dan LinkAja untuk implementasi transaksi elektronik secara non tunai, diantaranya untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah serta kredit usaha rakyat mikro kecil.

“Selain itu pelayanan administrasi surat menyurat di kelurahan telah dilakukan berbasis aplikasi, selanjutnya akan diimplementasikan juga di tingkat desa dan negeri, sehingga pelayanan surat menyurat di kelurahan/desa/negeri dapat terintegrasi dengan sistem layanan Pemerintah Kota Ambon,” ujarnya

Sebagai salah satu kota dalam gerakan 100 smart city, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah menetapkan 3 program prioritas yaitu  smart public service, smart officer service, dan smart rules services.

Smart public services diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dimana Pemkot telah mengembangkan beberapa sistem dan aplikasi teknologi informasi guna menunjang pelayanan publik,” jelasnya.

Baca Juga  Pantau Kesiapan Jelang Natura, Kepala Kantor Basarnas Ambon Kuker ke Saumlaki

Terkait dengan Kegiatan Workshop Indonesia Cakap Literasi Digital, Walikota sampaikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo RI atas terpilihnya Kota Ambon sebagai kota satelit.

“Workshop literasi digital di kota – kota satelit, termasuk Ambon diadakan dengan 50 orang peserta masyarakat umum yang terdiri dari komunitas lokal yang akan hadir dengan menghadirkan mentor- mentor yang berkualitas dan kompeten di bidangnya,”ungkapnya.

Khusus kota Ambon, materi yang disajikan terkait privasi dan keamanan siber dengan cakupan antara lain, konsep privasi dan perlindungan data pribadi, keamanan digital di smartphone serta kebijakan privasi dan ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku di indonesia.

Walikota berharap, kegiatan Workshop Pelatihan Indonesia Cakap Literasi Digital 2021 dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat kota Ambon terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan di dunia digital.

Baca Juga  Tiba di Ambon, Mahfud dan Tito Dijemput Forkopimda Maluku

Untuk diketahui, Kegiatan Workshop Indonesia Cakap Literasi Digital 2021, sebelum dilaksanakan on site, telah dibuka secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Kominfo Jhony Plate. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.